Berbagi Ilmu Metode Pembiayaan Perumahan Subsidi RI-Jepang

BP Tapera menandatangani MoU dengan Japan Housing Finance Agency (JHF) untuk pengembangan program pembiayaan perumahan subsisi dalam 2 tahun ke depan.

Afiffah Rahmah Nurdifa

16 Des 2023 - 19.10
A-
A+
Berbagi Ilmu Metode Pembiayaan Perumahan Subsidi RI-Jepang

Anak-anak bermain sepak bola di salah satu perumahan bersubsidi di Bogor, Jawa Barat. Bisnis/Himawan L Nugraha.

Bisnis, JAKARTA – Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) akan bekerja sama dengan Japan Housing Finance Agency (JHF) dalam hal pengembangan program pembiayaan perumahan subsisi untuk 2 tahun ke depan. 

Kedua lembaga negara tersebut telah menandatangani nota kesepahaman pada Jumat (15/12/2023) kemarin di Jakarta yang dilakukan antara Komisioner BP Tapera Adi Setianto selaku pihak pertama dan Senio Executive Director JHF Yoshida Hidro. 

"Kami ingin memperkuat hubungan kerja sama di bidang penelitian dan program terkait pembiayaan perumahan bersubsidi dan dukungan pasar perumahan. Melakukan eksplorasi solusi untuk masalah perumahan, bertukar informasi dan program di bidang perumahan," kata Adi, dikutip Sabtu (16/12/2023). 

Baca juga: Bersiap Pengembang Tanah Air Bersaing di Kancah Internasional

Lewat kerja sama ini, BP Tapera dan JHF akan berbagi tantangan dan strategi untuk meningkatkan minat investor publik dan swasta di sektor pembiayaan perumahan dan pengembangan sumber daya manusia. 

Tak hanya itu, RI akan mempelajari dan melakukan perbandingan standar perumahan, teknologi dan bahan juga tidak terbatas pada kerangka peraturan dan sertifikasi (inspeksi), perbandingan antara mengidentifikasi berbagai prospek, hambatan. 




"Selain itu juga sharing dalam rangka tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan pengungkapan untuk kelancaraan pelaksanaan program pembiayaan perumahan," jelasnya.

Ini termasuk juga membandingkan sistem pembiayaan perumahan, namun tidak terbatas pada strategi bisnis, pengembangan produk seperti green mortgage, dan sistem hukum di Indonesia dan Jepang.

Di sisi lain, pihaknya berharap lewat pertukaran informasi tentang instrumen keuangan dapat meningkatkan stabilitas pasar perumahan dan pasar pembiayaan perumahan hingga mengoptimalkan penyediaan rumah terutama bagi rumah tangga berpendapatan menengah ke bawah. 

Baca juga: Siasat Alam Sutera Tarik Warga Asing Beli Hunian Kondominium

Bahkan, Yoshida Hideo mengatakan pihaknya berkenan untuk berpartisipasi dalam proyek bersama sekaligus saling bertukar SDM jika diperlukan. Lalu, membuka peluang kerja sama dengan badan hukum lainnya di masing-masing negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.