Berburu Emas Batangan Imlek Shio Kelinci

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM), melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia, memperkenalkan emas batangan tematik seri Imlek tahun 2023 Masehi/2574 Kongzili dengan desain tiga dimensi (3D) pertama di Indonesia.

Fatkhul Maskur

7 Jan 2023 - 18.00
A-
A+
Berburu Emas Batangan Imlek Shio Kelinci

Produk emas batangan Imlek Shio Kelinci Antam. - Foto ANTAM

Bisnis, JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM), melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia, memperkenalkan emas batangan tematik seri Imlek tahun 2023 Masehi/2574 Kongzili dengan desain tiga dimensi (3D) pertama di Indonesia. Shio Kelinci dengan elemen air menjadi identitas penting perayaan Imlek 2023 yang ditetapkan pada 22 Januari 2023.

Emas batangan Imlek shio Kelinci ANTAM akan menjadi pionir produk emas tiga dimensi di Indonesia. Berbeda dengan desain sebelumnya yang memiliki permukaan datar (dua dimensi), emas Imlek 2023 ANTAM memiliki kontur relief permukaan bentuk elemen kelinci. 

Emas yang dimaknai sebagai simbol kemakmuran, kehangatan, kebahagiaan, kesejahteraan dan kekayaan akan semakin memeriahkan suasana Imlek bagi masyarakat Indonesia yang merayakannya.

I Dewa Wirantaya, Direktur Operasi dan Produksi ANTAM--anggota BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, mengatakan bahwa ANTAM berkomitmen untuk menghasilkan produk-produk Logam Mulia berkualitas dan inovatif. 

"Sebagai market leader, perusahaan terus berupaya menghadirkan diferensiasi produk agar memenuhi ekspektasi pelanggan. Sebagai collectible items, emas Imlek Kelinci Air akan menjadi produk yang bernilai dalam jangka panjang dan tak lekang oleh waktu,” katanya, Kamis (5/1/2023)

Produk emas batangan tematik Imlek 2023 tiga dimensi dibuat menggunakan teknologi modern. Emas batangan Imlek 2023 juga dilengkapi dengan fitur keamanan dan estetik yang menjadi keunggulan produk, di antaranya yakni microtext, QR code dan rainbow effect pada permukaan produk.

Microtext merupakan kode khusus berukuran sangat kecil pada permukaan emas yang diproduksi dengan tingkat akurasi tinggi sehingga sulit dipalsukan. Rainbow effect akan memberikan warna khusus pada permukaan emas batangan, sedangkan fitur QR code akan mempermudah pelanggan memperoleh informasi tentang produk-produk Logam Mulia lainnya.

Emas tematik seri Imlek 2023 akan diproduksi dengan dua kategori, yakni emas batangan dengan berat 8 gram dan emas Gift Series dengan berat 0,5 dan 1 gram. Emas Imlek ANTAM diproduksi secara terbatas masing-masing 2.000 keping untuk emas batangan Imlek 8 gram, Gift Series 0,5 gram Gift Series 1 gram. 

Sejalan dengan produksi yang terbatas, sebagai collectible items, emas Imlek shio Kelinci Air tiga dimensi ini diyakini akan semakin bernilai di masa yang akan datang.

Logam Mulia, dalam situs resminya, melansir spesifikasi Emas Imlek Rabbit - 8 gr memiliki tingkat kemurnian 99,99%. Produk emas ini berdimensi 33 x 20 mm, dengan ketebalan 0,85 mm. Emas Rabbit-8 gr berbanderol harga Rp8.976.000.

Logam Mulia baru menyediakan produk tematik (Emas Imlek Rabbit-8 gr), adapun produk untuk kategori gift belum dimunculkan.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan No 34/PMK.10/2017, pembelian emas batangan dikenakan PPh 22 sebesar 0,45% (untuk pemegang NPWP dan 0,9% untuk non-NPWP). Setiap pembelian emas batangan disertai dengan bukti potong PPh 22. 

Dan, sesuai dengan PMK No. 30/PMK.03/2014 tentang PPN atas Penyerahan Emas Perhiasan menerangkan Dasar Pengenaan Pajak sebesar 20% dari harga emas perhiasan (DPP nilai lain) dan sesuai pada Undang Undang No. 7 tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan tarif PPN sebesar 11%, sehingga tarif efektif PPN emas perhiasan sebesar 2,2%. 


HARGA EMAS

Seiring dengan risiko resesi global yang masih membayangi perekonomian dunia, perburuan emas sebagai aset safe haven terus berlanjut di berbagai belahan pasar dunia yang membuat harganya terus berayun meninggi.

Harga emas Logam Mulai mengalami perubahan terakhir dengan kenaikan Rp10.000 menjadi Rp1.032.000 pada Sabtu (7/1/2022).

Seiring dengan kembali memanasnya harga logam mulia ini, saham emiten dengan portofolio pertambangan dan pengolahan emas pun mendapat tenaga baru pada awal tahun ini. Ancaman ketidakstabilan kondisi ekonomi global tahun ini menjadikan emas sebagai aset safe haven bakal makin diburu.

Di Bursa Efek Indonesia (BEI), mayoritas saham emiten emas di Bursa Efek Indonesia (BEI) mengalami apresiasi harga sejak awal perdagangan 2023. Penguatan harga emiten-emiten emas ini tidak terlepas dari dinamika harga emas di pasar global yang menguat.

Di pasar dunia, seperti dilansir goldprice.org, pada penutupan pekan pertama 2023 emas diperdagangkan pada level tertinggi dalam beberapa bulan. Pada penutupan perdagangan akhir pekan, Jumat (5/1/2023) harga emas naik ke level US$1.834,45 per troyonz.

Pada saat yang sama, ANTAM mulai menghadirkan produk Emas Imlek Kelinci yang siap diburu para pembeli. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.