Bercanda Beli Manchester United, Ini Daftar Perusahaan Elon Musk

Elon Musk mengaku bercanda setelah mencuit telah membeli saham Manchester United. Padahal, Fans Setan Merah sudah memohon hal tersebut pada tahun lalu.

Jaffry Prabu Prakoso

18 Agt 2022 - 15.44
A-
A+
Bercanda Beli Manchester United, Ini Daftar Perusahaan Elon Musk

JAKARTA – Elon Musk membuat geger dunia karena mengaku telah membeli saham Manchester United melalui cuitannya di Twitter. Kurang dari enam jam, orang terkaya di dunia tersebut menyebut hal tersebut hanya becanda. 

Musk setidaknya punya berbagai perusahaan. Dikutip dari Yahoo Finance, berikut adalah semua bisnis yang dimiliki atau diinvestasikannya pada April 2022.

 

Space X

Sesaat sebelum eBay membeli PayPal, Musk terlibat dengan organisasi nirlaba Mars Society. Dia mempertimbangkan secara pribadi untuk mendanai proyek tersebut karena tertarik dengan gagasan menempatkan ruang pertumbuhan untuk tanaman di Mars.

Musk menginvestasikan uang yang diperolehnya dari penjualan PayPal untuk mendirikan Space Exploration Technologies Corp., dan diperdagangkan sebagai SpaceX pada Mei 2002.

Misinya adalah membuat akses ke luar angkasa lebih cepat dan lebih murah. Hingga saat ini, SpaceX telah meluncurkan 144 roket dan pesawat ruang angkasa, 106 di antaranya telah berhasil mendarat.

SpaceX adalah satu-satunya perusahaan swasta yang mengembalikan pesawat ruang angkasa dari orbit rendah Bumi dan membawa manusia ke dan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional. Bernilai lebih dari $100 miliar, SpaceX adalah perusahaan swasta paling berharga kedua di dunia.

 

Logo Tesla di dealer Easton Town Center shopping mall in Columbus, Ohio, AS/ Bloomberg-Luke Sharrett


Tesla

Tesla identik dengan Elon Musk meskipun dia bukan pendiri asli perusahaan kendaraan listrik dan energi bersih Amerika.

Tesla, Inc. didirikan pada Juli 2003 oleh Martin Eberhard dan Marc Tarpenning yang memainkan peran aktif dalam pengembangan awal perusahaan sebelum keterlibatan Musk.

Dengan investasi sebesar $9,15 juta dalam putaran pendanaan Seri A pada Februari 2004, Musk menjadi pemegang saham mayoritas dan bergabung dengan dewan direksi Tesla sebagai ketua.

Musk mengambil alih sebagai CEO perusahaan pada tahun 2008. Mobil pertama Tesla yang tersedia secara komersial, Roadster, diluncurkan pada tahun 2009 di bawah pengawasan Musk.

Sejak didirikan pada tahun 2003, Tesla tetap menjadi berita karena kemajuannya dalam industri otomotif dan upaya energi bersihnya.

 

SolarCity

Sepupu Musk, Lyndon dan Peter Rive, mendirikan SolarCity pada tahun 2006. Konsep awal dan modal finansial untuk SolarCity disediakan oleh Musk. Itu adalah penyedia sistem tenaga surya terbesar kedua di Amerika Serikat pada tahun 2013.

Tesla mengakuisisi SolarCity pada tahun 2016 seharga $3,66 miliar dan menggabungkannya dengan divisi produk penyimpanan energi baterai untuk menciptakan Tesla Energy.

 

The Boring Company

Musk mendirikan perusahaan konstruksi Amerika ini pada tahun 2016 untuk membangun terowongan. Proyek Boring Company dirancang untuk sistem transit dalam kota untuk mengatasi tantangan lalu lintas dan memfasilitasi transportasi titik ke titik.

Berdasarkan situs webnya, perusahaan percaya bahwa kota-kota besar membutuhkan mobil terbang atau terowongan untuk menyelesaikan masalah lalu lintas

Karena terowongan tidak terpengaruh oleh perubahan cuaca, Musk memutuskan ini adalah solusi terbaik untuk masalah lalu lintas.

The Boring Company menyelesaikan terowongan di bawah Las Vegas Convention Center pada awal 2021. Perluasan lebih lanjut dari sistem terowongan telah disetujui oleh pejabat setempat. Perusahaan mengumpulkan $951 juta pada April 2022, dan sekarang bernilai hampir $5,7 miliar.

 

Presiden RI Jokowi bertemu Elon Musk di pabrik SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat pada Sabtu (14/05/2022)/BPMI Setpres


Neuralink Corporation

Musk juga merupakan salah satu pendiri dan pemilik Neuralink Corporation, sebuah perusahaan neuroteknologi yang mengembangkan antarmuka mesin otak yang dapat ditanamkan.

Tujuan utamanya adalah untuk membuat implan otak yang akan membuat manusia menjadi sangat cerdas, menyembuhkan cedera otak traumatis, dan membiarkan orang lumpuh berjalan lagi. Total investasi di perusahaan telah melampaui $ 511 juta pada tahun 2022.

 

OpenAI

Musk mendirikan OpenAI pada 2015. Sebuah perusahaan riset kecerdasan buatan (AI) nirlaba yang bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan umum buatan yang dimaksudkan agar aman dan bermanfaat bagi umat manusia.

Meski telah mengundurkan diri dari dewan pada tahun 2018, Musk terus menjadi donor utama. Pada 2019, OpenAI LP menerima investasi US$1,4 miliar dari Microsoft.

Tujuan akhir dari organisasi ini adalah untuk merancang sebuah mesin dengan kekuatan belajar dan penalaran dari pikiran manusia.

 

DeepMind Technologies

Musk sangat prihatin tentang AI yang menyalip manusia dan dilaporkan telah banyak berinvestasi di DeepMind Technologies yang sekarang dimiliki Google untuk tetap mendapat informasi tentang seberapa cepat teknologi berkembang.

Perusahaan mengklaim ingin 'memecahkan kecerdasan' dengan menggabungkan teknologi komputer dan ilmu saraf untuk menciptakan 'kecerdasan umum buatan'.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.