Berdikari Sabet Top BUMN Awards 2021 Sektor Nonfinansial

Kehadiran BUMN sebagai pelaksana publik juga memainkan peran sebagai penyeimbangan kekuatan-kekuatan swasta besar. BUMN juga memainkan peran sebagai pendukung usaha kecil dan koperasi.

Iim Fathimah Timorria

30 Nov 2021 - 16.23
A-
A+
Berdikari  Sabet Top BUMN Awards 2021 Sektor Nonfinansial

Direktur Utama PT Berdikari (Persero) Harry Warganegara saat menerima Best CEO untuk BUMN kategori sektor nonfinansial di ajang Bisnis Indonesia Top BUMN Awards 2021, Selasa (30/11/2021).

Bisnis, JAKARTA — Pelaku usaha menilai badan usaha milik negara (BUMN) memiliki peran penting dalam perekonomian nasional selama pandemi.

Hal ini disampaikan Presiden Komisaris Bisnis Indonesia Group Hariyadi Sukamdani saat memberikan sambutan dalam Bisnis Indonesia Top BUMN Awards 2021.

“Peran BUMN saat ini sangatlah penting bagi perekonomian kita. Apalagi pada saat pandemi Covid-19 yang saat ini masih kita rasakan. Tentu kehadiran perusahaan negara ini menjadi penopang bagi perekonomian nasional,” kata Hariyadi, Selasa (30/11/2021).

Hariyadi menjelaskan bahwa kehadiran BUMN sebagai pelaksana publik juga memainkan peran sebagai penyeimbangan kekuatan-kekuatan swasta besar. BUMN juga memainkan peran sebagai pendukung usaha kecil dan koperasi.

“BUMN juga merupakan salah satu sumber penerimaan negara yang signifikan dalam bentuk berbagai jenis pajak, dividen, dan privatisasi,” lanjutnya.

Perusahaan milik negara juga berperan sebagai perintis dalam sektor usaha yang belum diminati swasta. BUMN menjalankan pula aktivitas produksi dan distribusi sumber daya yang menyangkut masyarakat.

Hariyadi berharap penghargaan Bisnis Indonesia Top BUMN Awards yang menyasar korporasi dan individu yang mengacu pada kinerja perusahaan dan kebijakan serta adaptasi perusahaan selama pandemi bisa menambah semangat para penerima dan motivasi untuk optimasi kinerja ke depannya.

“Kami yakin penghargaan ini jadi salah satu barometer bagi masyarakat dan pemerintah untuk menilai secara objektif BUMN kita,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, PT Berdikari (Persero), perusahaan BUMN sektor peternakan, menerima penghargaan Top Corporate BUMN dalam kategori perusahaan nonpublik, sektor finansial dengan aset sampai Rp15 triliun dalam ajang Bisnis Indonesia Top BUMN Awards 2021.

“Ini adalah kerja keras dari semua karyawan Berdikari untuk mengangkat perusahaan sesuai amanah Kementerian BUMN untuk transformasi di sektor pangan. Ini akan jadi pemacu semangat bagi kami untuk bekerja lebih keras lagi,” kata Direktur Utama Berdikari Harry Warganegara dalam pidato kemenangan, Selasa (30/11/2021).

Berdikari berdiri sejak 1966 dengan nama PT Pilot Proyek Berdikari berdasarkan Keputusan Presidium Kabinet Ampera Republik Indonesia No. 01/EK/KEP/1966 tanggal 12 Agustus 1966. Pada 7 April 2000, PT PP Berdikari resmi berubah status menjadi PT Berdikari (Persero).

Mengutip laman resmi perusahaan, Berdikari menghadapi pasang surut dalam perjalanan bisnisnya. Perusahaan tercatat mengalami permasalahan yang kompleks.

Pada 2016 pemerintah memutuskan untuk menyelamatkan Perusahaan melalui pembenahan-pembenahan organisasi dan berkomitmen untuk memberikan dukungan kebijakan dan regulasi yang diperlukan.

Perusahaan memasuki fase pemulihan pada 2017 yang ditandai dengan perbaikan posisi keuangan serta peningkatan kepercayaan pemerintah dan para pemangku kepentingan lain.

Upaya untuk lebih fokus kepada bisnis peternakan terus dilakukan oleh perusahaan, dikarenakan kondisi keuangan dan modal kerja yang masih belum baik sampai akhir 2017.

Beberapa strategi yang sudah dilakukan antara lain upaya pola kerja sama dengan cara sinergi BUMN, kemitraan dan perbaikan proses bisnis.

Pada Maret 2018 mulai mengembangkan bisnis ayam yang dimulai dengan melakukan impor grand parent stock (GPS) sebanyak 36.000 ekor. Sampai saat ini, Berdikari masih fokus dalam bidang peternakan ayam terintegrasi.

Perusahaan juga menjalankan penugasan untuk melakukan importasi daging sapi/kerbau dalam rangka stabilisasi harga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike D. Herlinda

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.