Berharap BI Tak Harus Naikkan Suku Bunga untuk Tangkis Inflasi

pihak BI menegaskan bahwa penaikan suku bunga menjadi jalan terakhir yang akan ditempuh jika kondisi memaksa hal itu harus dilakukan.

Saeno

22 Apr 2022 - 22.14
A-
A+
Berharap BI Tak Harus Naikkan Suku Bunga untuk Tangkis Inflasi

Ilustrasi - Logo Bank Indonesia/Bisnis-Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA - Bank Indonesia memilih menahan suku bunga di posisi 3,5 daripada menaikkannya. Pihak Bank Indonesia punya alasan tersendiri mengapa menahan suku bunga di saat bank sentral di negara lain menaikannya. Muncul perkiraan yang menyebutkan BI baru akan menaikkan suku bunga pada semester depan. 

Meski demikian, pihak BI menegaskan  bahwa penaikan suku bunga menjadi jalan terakhir yang akan ditempuh jika kondisi memaksa hal itu harus dilakukan.

Bank Indonesia memilih melakukan kebijakan yang berlawanan dengan sejumlah bank sentral negara maju terkait kebijakan suku bunganya. Berdasar hasil Rapat Dewan Gubernur, Bank Indonesia bertahan untuk tidak menaikkan suku bunga.

Bank sentral negara maju yang mulai menaikkan suku bunganya antara lain Korea Selatan dan Kanada. Sementara itu, bank sentral AS, the Fed diperkirakan akan lebih agresif. Pasar membaca adanya kenaikan 50 basis poin dalam FOMC meeting awal Mei mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Berharap BI Tak Harus Naikkan Suku Bunga untuk Tangkis Inflasi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.