Berharap Respons Dini Penangkal Deflasi

Indonesia dihadapkan pada normalisasi inflasi yang tak sehat, yakni turunnya permintaan dan harga akibat daya beli yang melemah.

Tegar Arief Fadly

11 Jan 2024 - 14.21
A-
A+
Berharap Respons Dini Penangkal Deflasi

Ilustrasi barang pokok penyebab inflasi./BISNIS-ARF

Bisnis, JAKARTA - Tingkat inflasi boleh saja diklaim berhasil dinormalisasi oleh pemangku kebijakan sepanjang tahun lalu. Akan tetapi jika dicermati, Indonesia dihadapkan pada normalisasi inflasi yang tak sehat, yakni turunnya permintaan dan harga akibat daya beli yang melemah.

Terlebih, inflasi inti yang mengukur daya beli murni masyarakat per akhir tahun lalu hanya 1,8% secara tahunan (year-on-year/YoY).

Penurunan inflasi umum yang disebabkan oleh terpangkasnya inflasi inti bisa dibilang tidak sehat dan perlu langkah sigap dari pemangku kebijakan agar tak terjebak dalam kondisi deflasi.

Persoalannya, beberapa sinyal menekan tombol alarm yang perlu diwaspadai oleh pemangku kebijakan dalam konteks penanganan indeks harga konsumen (IHK) pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

Berharap Respons Dini Penangkal Deflasi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.