Berharap Taji OJK Saat Janji AJB Bumiputera Belum Terpenuhi

Kemelut AJB Bumiputera 1912 belum juga usai, rencana penyehatan keuangan perusahaan Asuransi Jiwa Bersama belum sesuai dengan harapan. Kebijaksanaan dan ketegasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih dinanti.

Rika Anggraeni

22 Agt 2023 - 16.34
A-
A+
Berharap Taji OJK Saat Janji AJB Bumiputera Belum Terpenuhi

Nasabah gagal bayar klaim polis asuransi AJB Bumiputera melakukan aksi di depan kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta, Senin (23/5/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA— Kemelut AJB Bumiputera 1912 belum juga usai, rencana penyehatan keuangan perusahaan Asuransi Jiwa Bersama belum sesuai dengan harapan. Kebijaksanaan dan ketegasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih dinanti.

Keputusana manajemen untuk memotong manfaat atau klaim asuransi Bumiputera hingga 50 persen pun tak lepas dari kontra pemegang hak polis. Meskipun, para pemegang polis tak memiliki kekuatan lain selain menerima keputusan dan menunggu janji pembayaran klaim segera terpenuhi. 

Menurut catatan Bisnis, sebelumnya banyak pemegang polis yang masih mempertanyakan perhitungan dari pemotongan manfaat sebesar 50 persen itu. Bahkan ada juga yang mengeluhkan bahwa klaim tak kunjung dibayarkan. Padahal, mereka sangat membutuhkan dana tersebut untuk biaya pendidikan anak hingga kebutuhan sehari-hari. 

Menurut Ketua Sekolah Tinggi Manajemen Risiko dan Asuransi (STIMRA) Abitani Taim ada beberapa masalah yang saling berkaitan terkait AJB Bumiputera. Dalam hal ini adalah masalah solvabilitas, komposisi portofolio, hingga masalah regulasi yang khas untuk asuransi bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.