Berhitung Pundi-Pundi Prajogo Pangestu Cs Usai Emiten Bagi Saham Bonus

Pundi-pundi rupiah konglomerat Prajogo Pangestu kian tebal ditambah dengan saham bonus yang akan dibagikan emiten miliknya.

Rizqi Rajendra

25 Mei 2024 - 14.45
A-
A+
Berhitung Pundi-Pundi Prajogo Pangestu Cs Usai Emiten Bagi Saham Bonus

Prajogo Pangestu, konglomerat pemilik emiten tambang PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN). / Istimewa

Bisnis, JAKARTA—Emiten milik konglomerat Prajogo Pangestu, PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) berencana akan membagikan saham bonus senilai miliaran rupiah. Lantas, berapa saham bonus yang diterima Prajogo Pangestu Cs?

Perlu diketahui, ketentuan terkait saham bonus ini diatur melalui Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 27/2020. Singkatnya, saham bonus adalah saham yang dibagikan secara cuma-cuma kepada pemegang saham berdasarkan jumlah saham yang dimiliki. 

 Dalam hal ini, BRPT akan membagikan saham bonus dengan rasio 625:1. Dengna begitu, setiap pemegang 625 lembar saham lama BRPT, akan memperoleh 1 saham baru. Pembagian saham bonus BRPT itu sebagai upaya pemenuhan kewajiban untuk mengalihkan saham treasuri hasil pembelian kembali (buyback) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 150 juta saham. 

Saat ini, BRPT masih memiliki saham treasuri hasil buyback sebanyak 185,45 juta saham, sehingga wajib dialihkan sebagai saham bonus. Untuk memuluskan aksi korporasi itu, BRPT akan terlebih dulu meminta persetujuan RUPSLB pada 14 Juni 2024. Kemudian, pendistribusian saham bonus akan dilakukan pada 19 Juli 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.