Berjibaku Mewujudkan Produksi Migas 1 Juta Barel

Pemerintah masih berkeyakinan tinggi dapat meningkatkan produksi migas nasional untuk jangka panjang, terutama dengan kerja sama seluruh stakeholder terkait untuk melakukan langkah-langkah yang dapat mempercepat realisasi kegiatan di lapangan seperti eksplorasi yang masif dan agresif.

Ibeth Nurbaiti

20 Sep 2023 - 18.35
A-
A+
Berjibaku Mewujudkan Produksi Migas 1 Juta Barel

Gambaran suasana di salah satu wilayah kerja migas. Kendati terus turun, tetapi untuk jangka panjang pemerintah masih memiliki keyakinan tinggi dapat meningkatkan produksi migas nasional. Bisnis-Dok.SKK Migas

Bisnis, JAKARTA — Kendati terdengar klasik, pepatah kuno 'jangan menaruh semua telur dalam satu keranjang' agaknya cukup relevan dengan kondisi investasi minyak dan gas bumi Tanah Air saat ini.  

Terlebih, pemerintah masih memiliki pekerjaan rumah besar untuk bisa mewujudkan visi produksi terangkut (lifting) 1 juta barel minyak bumi per hari (bph) dan 12 miliar standar kaki kubik gas bumi per hari (Bscfd) pada 2030.

Dengan masih minimnya realisasi investasi untuk kegiatan eksplorasi dibandingkan dengan kegiatan lainnya di industri hulu migas, bukan tidak mungkin target besar produksi migas itu hanya tinggal mimpi, jika pemerintah tidak segera melakukan percepatan tranformasi di sektor hulu migas.

Ditambah lagi, hingga kini belum ada penemuan lapangan migas kelas kakap untuk menambah cadangan yang ada. Sejumlah proyek migas raksasa terutama pengembangan lapangan migas laut dalam seperti Indonesia Deepwater Development (IDD) di Cekungan Kutai, Kalimantan Timur dan Blok Masela di Laut Arafuru, Maluku juga masih berproses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.