Berjibaku Pastikan Keselamatan Angkutan Lebaran

Potensi peningkatan arus pergerakan masyarakat selama arus mudik dan balik pada momentum Lebaran Idulfitri tahun ini menuntut antisipasi pemerintah guna mengamankan arus kendaraan selama libur panjang.

Rayful Mudassir

17 Mar 2024 - 17.54
A-
A+
Berjibaku Pastikan Keselamatan Angkutan Lebaran

Bisnis, JAKARTA - Potensi peningkatan arus pergerakan masyarakat selama arus mudik dan balik pada momentum Lebaran Idulfitri tahun ini menuntut antisipasi pemerintah guna mengamankan arus kendaraan selama libur panjang. 

Survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan bersama Badan Pusat Statistik memperkirakan pergerakan masyarakat selama Lebaran 2024 secara nasional berpotensi mencapai 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 193,6 juta orang.

Dari jumlah tersebut, 52% memilih bepergian untuk mudik merayakan idulfitri di kampung halaman. 35,2% berencana mengunjungi orang tua dan sanak saudara di kampung dan sisanya 10,6% melakukan perjalanan ke destinasi wisata selama libur panjang.

Potensi pergerakan masyarakat ini meningkat 56,38% dibandingkan dengan potensi pergerakan masyarakat pada masa Lebaran 2023 yakni 123,8 juta orang. Riset dengan sampel 48.107 orang dan margin error 0,46% ini turut mendapati sejumlah moda utama yang bakal digunakan masyarakat selama musim mudik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Berjibaku Pastikan Keselamatan Angkutan Lebaran

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.