Berkah Krisis Energi di Eropa Kala Batu Bara PTBA Diuji Royalti

PT Bukit Asam Tbk. mendapat pesanan batu bara dari negara-negara di Eropa seiring krisis energi yang terjadi di Benua Biru.

Asteria Desi Kartikasari

27 Agt 2022 - 17.33
A-
A+
Berkah Krisis Energi di Eropa Kala Batu Bara PTBA Diuji Royalti

Pekerja melintas di dekat kapal tongkang pengangkut batubara di kawasan Dermaga Batu bara Kertapati milik PT Bukit Asam Tbk di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (4/1/2022). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Bisnis, JAKARTA— Krisis energi di Eropa menjadi katalis tersendiri untuk emiten batu bara pelat merah PT Bukit Asam Tbk. Anggota holding BUMN MIND ID tersebut  itu ikut menjaring cuan dari pasar Benua Biru seperti Italia, Polandia, dan Jerman.

Direktur Utama PTBA Arsal Ismail menyebutkan bahwa ekspor batu bara ke Eropa bukan hal mudah, melihat waktu dan jarak pengiriman yang jauh dan lama. Meski begitu, PTBA sudah memulai pengiriman secara spot ke Italia. 

“Kemarin kita sudah ada kontrak dan realisasi dengan Italia, dan sekarang masih coba nego dengan pihak mereka,” kata Arsal usai konferensi pers, Jumat (26/8/2022).

Adapun saat ini, pasar ekspor utama PTBA adalah negara-negara di Asia seperti China, India, Thailand, serta Vietnam lantaran secara geografis yang dekat dengan Indonesia. Selain itu, lanjut Arsal, kendala lainnya untuk pengiriman ke Eropa adalah kebutuhan untuk batu bara berkalori tinggi. Saat ini, PTBA tidak begitu banyak memiliki batu bara berkalori tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Berkah Krisis Energi di Eropa Kala Batu Bara PTBA Diuji Royalti

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.