Berkah Outlook Positif S&P Bagi Pasar Surat Utang Indonesia

Kondisi pasar surat utang Indonesia berpotensi bangkit lagi setelah tekanan akibat kondisi global akhir-akhir ini, terutama seiring dengan revisi outlook atas surat utang Indonesia dari Standard and Poor's.

Emanuel Berkah Caesario
Apr 29, 2022 - 1:45 PM
A-
A+
Berkah Outlook Positif S&P Bagi Pasar Surat Utang Indonesia

Bisnis, JAKARTA — Keputusan lembaga pemeringkat internasional, Standard and Poor’s (S&P) untuk menaikkan outlook peringkat Indonesia dari negatif menjadi stabil memberikan harapan bagi tambahan tenaga pasar surat utang domestik untuk bertahan di tengah tekanan global saat ini.

S&P masih mempertahankan peringkat Indonesia di level BBB. Outlook negatif yang diberikan S&P selama ini mengindikasikan bahwa ada kemungkinan besar lembaga tersebut akan menurunkan peringkat utang Indonesia.

Kenyataannya, kondisi ekonomi Indonesia terbukti cukup kuat melewati periode pandemi, sehingga lembaga tersebut tidak jadi menurunkan peringkat Indonesia. Dengan outlook yang kini berubah menjadi stabil, artinya lembaga tersebut memandang ekonomi Indonesia sudah cukup sehat.

Dalam laporannya, S&P menyatakan bahwa revisi ke atas outlook Indonesia menjadi stabil didasarkan pada perbaikan posisi eksternal ekonomi Indonesia, konsolidasi kebijakan fiskal yang dilakukan oleh pemerintah secara gradual, dan keyakinan S&P terhadap pemulihan ekonomi Indonesia yang akan terus berlanjut sampai dengan 2 tahun ke depan.

Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Berkah Outlook Positif S&P Bagi Pasar Surat Utang Indonesia

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ