Berkah Perdagangan Indonesia-Swiss, Neraca 2022 Berbuah Surplus

Hubungan dagang Indonesia dengan Swiss menghaslkan surplus di tahun 2022. Berbagai upaya juga terus dilakukan pemerintah Indonesia melalui KBRI Bern bagi masuknya produk-produk Indonesia ke Swiss. Salah satunya dengan menghadirkan Indonesia Trading House pada Januari 2023.

Saeno

8 Feb 2023 - 18.33
A-
A+
Berkah Perdagangan Indonesia-Swiss, Neraca 2022 Berbuah Surplus

Dubes RI untuk Swiss dan Liechtenstein Muliaman Hadad saat berbincang dengan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Neraca perdagangan Indonesia-Swiss mencatatkan surplus pada 2022./Dok. KBRI Bern

Bisnis, JAKARTA – Indonesia mendapat berkah dari kondisi Swiss, negara mitra yang tetap stabil di tengah kondisi global yang “panas-dingin”. Hubungan dagang Indonesia dengan Swiss menghaslkan surplus di tahun 2022. Berbagai upaya juga terus dilakukan pemerintah Indonesia melalui KBRI Bern bagi masuknya produk-produk Indonesia ke Swiss. Salah satunya dengan menghadirkan Indonesia Trading House  pada Januari 2023.  

Secara tahunan, neraca ekspor Indonesia ke Swiss tahun 2022 meningkat 30,3 persen dibandingkan dengan neraca tahun 2021 (YoY). Sementara itu, neraca impor meningkat 18,9 persen.

Berdasarkan keterangan KBRI Bern, pada periode  Januari-Desember 2022 kinerja perdagangan Indonesia- Swiss tercatat masih mengalami penguatan. 

Total nilai ekspor Indonesia pada periode Januari-Desember 2022 mencapai USD 2,21 miliar atau Rp. 33,31 triliun. Sebaliknya, total nilai impor Indonesia dari Swiss mencapai US$428,63 juta atau sekitar Rp6,45 triliun. Dengan demikian, Indonesia menghasilkan surplus perdagangan senilai US$ 1,78 miliar atau Rp. 26,86 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Berkah Perdagangan Indonesia-Swiss, Neraca 2022 Berbuah Surplus

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.