Berkat Xi Jinping, Emiten Sandiaga Uno (MDKA) Ketiban Berkah

Pembukaan lockdown China berpeluang membawa berkah bagi emiten afiliasi Sandiaga Uno. Kondisi tersebut disokong oleh proyeksi sejumlah komoditas yang akan diuntungkan dengan kebijakan negera yang dipimpin Presiden Xi Jinping itu.

Asteria Desi Kartikasari

14 Jan 2023 - 17.00
A-
A+
Berkat Xi Jinping, Emiten Sandiaga Uno (MDKA) Ketiban Berkah

Gulungan kabel tembaga di pabrik Uralelectromed OJSC Copper Refinery yang dioperasikan oleh Ural Mining and Metallurgical Co. di Verkhnyaya Pyshma, Rusia, Selasa (7/3/2017)./Bloomberg-Andrey Rudakov

Bisnis, JAKARTA— Sejalan dengan prospek cerah harga minyak dan tembaga pada 2023, harga saham sederet emiten Tanah Air dengan bisnis terkait sektor tersebut tancap gas sejak awal tahun ini. Pergerakan saham emiten pertambangan logam terafiliasi Grup Saratoga yang dimiliki Sandiaga Uno, PT Merdeka Copper Gold Tbk, melaju ke zona hijau sejak awal 2023.

Selama satu tahun berjalan, atau year-to-date (YtD) saham emiten dengan kode saham MDKA tersebut sudah naik sebesar 9,22 persen. Sementara selama satu tahun peningkatan harga saham sebesar 18,16 persen.

Adapun sinyal dari Negeri Panda, China semakin memperkokoh prospek postif tersebut setelah komoditas semakin cuan dengan pembukaan sepenuhnya kebijakan anti Covid-19. Kalangan analis global meramalkan terdapat sejumlah komoditas yang akan diuntungkan dengan pembukaan kembali China. Dua di antaranya yang paling mencuri perhatian adalah tembaga dan minyak.
 
Konsumsi minyak mentah di China diprediksi akan mencapai rekor tahun ini karena importir terbesar dunia itu meninggalkan kebijakan zero Covid, sehingga memperkuat prospek permintaan global. Melansir Bloomberg, Sabtu (14/1/2023), estimasi dari 11 konsultan yang berfokus pada China, permintaan minyak mentah harian di China akan naik 800.000 per barel pada 2023.

 Kondisi itu akan membawa konsumsi secara total ke level tertinggi sepanjang masa sekitar 16 juta barel per hari. Nasib minyak mentah selama tahun mendatang sebagian besar bergantung pada China, keputusan OPEC+, dampak sanksi terhadap aliran Rusia, dan arah kebijakan moneter bank sentral.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Berkat Xi Jinping, Emiten Sandiaga Uno (MDKA) Ketiban Berkah

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.