Bersiap Kembali Rencana Groundbreaking Sejumlah Proyek di IKN Akhir Bulan Ini

Groundbreaking kloter 5 di IKN memiliki tema besar yakni pengembangan pembangunan pada sektor keuangan. Selain itu, pada groundbreaking kali ini, IKN akan bertabur proyek-proyek garapan yakni 3 dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan 1 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Redaksi

27 Feb 2024 - 20.15
A-
A+
Bersiap Kembali Rencana Groundbreaking Sejumlah Proyek di IKN Akhir Bulan Ini

Presiden Jokowi di titik nol IKN Nusantara

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah kembali akan melakukan peletakkan batu pertama atau groundbreaking proyek garapan investor publik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara kloter lima akan dilaksanakan pada Kamis (29/2/2024) hingga Jumat (1/3/2024).

Untuk diketahui, sejak September 2023 hingga Januari 2024, pemerintah telah melakukan 4 groundbreaking proyek. Nilai investasi dalam groundbreaking kloter 1 pada 21 – 22 September 2023 di IKN mencapai sebesar Rp23 triliun yang terdiri dari 10 perusahaan dalam Konsorsium Nusantara.

Pada kloter pertama, pengembang Agung Sedayu Group (ASG) bersama 9 perusahaan lainnya yang membentuk konsorsium telah merealisasikan komitmen investasi pertama untuk membangun proyek di IKN berupa hotel berbintang lima bernama Nusantara. Adapun konsorsium ini dinakhodai oleh Sugianto Kusuma atau Aguan membangun proyek mixed used development berupa mal, hotel dan perkantoran. Di kloter pertama, juga mulai dibangun Hotel Vasanta merupakan proyek hotel bintang lima yang dikembangkan oleh PT Sirius Surya Sentosa (Vasanta Group). 

Kemudian, OIKN menggelar groundbreaking kloter 2 pada 1 – 2 November 2023 dengan nilai investasi Rp13,1 triliun. Groundbreaking tahap ini dilakukan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Mayapada Hospital milik Dato Sri Tahir, Pakuwon Grup milik Alexander Tedja, JIS, Hermina, Bank Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan, dan PLN Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.