Bersiap Penghasilan Negara Berkurang dari Ekspor Sawit ke India

India berpotensi mengurangi impor sawitnya dari Indonesia. Meski bukan berita yang terlalu mengejutkan, hal itu akan berdampak pada jumlah kocek yang masuk ke negara dari sisi ekspor.

Saeno

3 Okt 2022 - 19.57
A-
A+
Bersiap Penghasilan Negara Berkurang dari Ekspor Sawit ke India

Bisnis, JAKARTA – Pendapatan negara dari ekspor harga komoditas sawit diprediksi berkurang. Hal itu didasarkan pada potensi India mengurangi impor sawitnya dari Indonesia. Meski bukan berita yang terlalu mengejutkan, tak urung hal itu akan berdampak pada jumlah kocek yang masuk ke negara dari sisi ekspor.

Selama ini sumbangan kelapa sawit terhadap penambahan jumlah keuangan negara termasuk yang utama. Sawit merupakan salah satu komoditas ekspor yang cukup penting bagi perekonomian Indonesia.

Sebagai penghasil minyak sawit terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar untuk memasarkan minyak sawit dan inti sawit di dalam maupun luar negeri. Seperti disebutkan dalam Statisitik Perkebunan Unggulan Nasional 2019-2021, Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian mencatat luas area perkebunan sawit (per 2019) mencapai 14.456.611 hektare. 

Dari lahan seluas itu, terdapat 3,22 persen atau 466.029 hektar tanaman tidak menghasilkan / tanaman rusak. Sebanyak 14,76 persen atau 2.134.168 hektare tanaman belum menghasilkan, dan 80,01 persen atau 11.856.414 hektare tanaman menghasilkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Bersiap Penghasilan Negara Berkurang dari Ekspor Sawit ke India

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.