Bersih-Bersih Blok Migas Terlantar

Kementerian ESDM terus meminta KKKS untuk segera mengusahakan bagian WK migas potensial idle tersebut. Jika tak mampu, pemerintah meminta KKKS untuk mengembalikannya kepada pemerintah.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

7 Jul 2024 - 16.57
A-
A+
Bersih-Bersih Blok Migas Terlantar

Ilustrasi kegiatan eksplorasi migas lepas pantai. Istimewa/Dok. Pertamina Hulu Energi

Bisnis, JAKARTA — Pemerintah terus berupaya mencari cara untuk menggenjot realisasi produksi minyak dan gas bumi nasional yang masih sulit terungkit, salah satunya dengan mengoptimalkan sumber migas potensial seperti sumur-sumur dan blok migas menganggur alias terlantar.

Sebagai tahap awal, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mulai menginventarisasi bagian wilayah kerja (WK) migas potensial yang tidak lagi diusahakan (idle) dari kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) untuk kemudian dioptimalkan kembali.

Terlebih, pemerintah masih berkeinginan untuk mencapai target produksi 1 juta barel minyak per hari (bopd) dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari (Bscfd) pada 2030. Itu sebabnya, berbagai upaya dan strategi terus digiatkan agar investasi dan produksi di hulu migas terus meningkat.

Ariana Soemanto, Direktur Pembinaan Hulu Migas Kementerian ESDM menuturkan, kementeriannya terus meminta KKKS untuk segera mengusahakan bagian WK migas potensial idle tersebut. Jika tak mampu, pemerintah meminta KKKS untuk mengembalikannya kepada pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.