Bertumpu pada Kinerja Keuangan Emiten

Ketidakpastian arah kebijakan The Fed ke depan telah menciptakan anomali di pasar saham, padahal investor selalu percaya bahwa performa saham kerap berkorelasi kuat dengan kinerja keuangan emiten.

Redaksi

29 Jan 2024 - 07.17
A-
A+
Bertumpu pada Kinerja Keuangan Emiten

Ilustrasi

Kinerja indeks harga saham gabungan atau IHSG sepanjang pekan lalu terperosok 1,25% ke level 7.137,09. Koreksi indeks komposit itu didorong oleh aksi profit taking yang dilakukan oleh sejumlah investor asing.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, pemodal asing mencatatkan nilai jual bersih senilai Rp1,05 triliun hanya dalam sepekan. Memang, mereka masih membukukan net buy sebesar Rp5,78 triliun, tetapi ketidakpastian ekonomi global dan suhu politik di dalam negeri ke depan bisa saja membalikkan kondisi tersebut.

Pekan ini, pelaku pasar akan sangat memberikan perhatian terhadap perkembangan inflasi global serta pertemuan bank sentral Amerika Serikat atau FOMC yang berlangsung pada 30—31 Januari 2024.

Ekonomi Amerika Serikat sejatinya kini berada dalam tren pemulihan yang positif. Indeks keyakinan konsumen melonjak ke angka 78,8 pada bulan ini atau di level tertinggi sejak Juli 2021. Angka pengangguran juga terus menurun, berbanding terbalik dari proyeksi dan konsensus ekonom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.