Berusia Setengah Abad, TMII Dipercantik Untuk Pertama Kalinya

Wajah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang telah berusia setengah abad tengah dipercantik untuk pertama kalinya. Revitalisasi ini dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan wisata dan mempersiapkannya sebagai showcase keragaman budaya Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 mendatang.

Yanita Petriella

23 Agt 2022 - 22.44
A-
A+
Berusia Setengah Abad, TMII Dipercantik Untuk Pertama Kalinya

TMII

Bisnis, JAKARTA – Wajah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tengah dipercantik untuk meningkatkan pelayanan wisata dan mempersiapkannya sebagai showcase keragaman budaya Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 mendatang. Pembangunan TMII dicetuskan oleh Ibu Negara Tien Soeharto pada tahun 1970. 

Ide pembangunan TMII muncul setelah Ibu Tien mendampingi Presiden Soeharto berkunjung ke negara-negara sahabat dan melihat obyek wisata di sana. Ibu Tien terinspirasi dari Disneyland di California, Amerika Serikat saat menemani Presiden Soeharto berkunjung kala itu. Hal inilah yang muncul gagasan untuk membangun taman rekreasi yang menggambarkan keindahan dan keberagaman Indonesia.

TMII mulai dibangun pada tahun 1972 dan diresmikan pada April 1975. Tempat wisata ini dibangun di atas tanah seluas 150 hektar. Lahan tempat TMII dibangun memiliki topografi agak berbukit. Tak ingin menyia-nyiakan kondisi alami tersebut, perancang memanfaatkan ketinggian tanah dan menciptakan bentang alam. Tujuannya adalah supaya bisa menggambarkan berbagai jenis lingkungan hidup di Indonesia dengan lanskap yang kaya. Di TMII, pengunjung tak hanya bisa menikmati wisata kebudayaan tetapi juga tersedia kereta gantung, Monorel Titihan Samirono, Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Taman Legenda Keong Emas, dan lainnya.

Presiden Joko Widodo mengatakan revitalisasi TMII ini merupakan yang pertama dilakukan sejak pertama kali dibangun pada tahun 1975. TMII tidak pernah mendapatkan perbaikan baik dari sisi infrastruktur dan juga anjungan-anjungan yang menjadi ciri khasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.