BI Tak Buru-buru Turunkan Bunga

Bank Indonesia (BI) tidak akan buru-buru menurunkan suku bunga acuan atau BI rate, kendati suku bunga acuan AS, Fed Fund Rate (FFR), mulai memberi sinyal penurunan tahun depan.

Maria Elena

22 Des 2023 - 09.31
A-
A+
BI Tak Buru-buru Turunkan Bunga

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan jajaran Deputi Gubernur BI dalam Konferensi Pers RDG BI di Jakarta, Kamis (21/12/2023)./JIBI-Maria Elena

Bisnis, JAKARTA - Bank Indonesia mengisyaratkan tidak akan terburu-buru melonggarkan kebijakan moneter meskipun bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve, melempar sinyal akan menurunkan suku bunga tahun depan.

Sempat mengisyaratkan bahwa suku bunga akan tetap pada tingkat saat ini untuk beberapa waktu, Gubernur BI Perry Warjiyo seusai Rapat Dewan Gubernur BI, Kamis (21/12), mengatakan BI tidak perlu mengikuti The Fed dalam menurunkan suku bunganya.

Menurutnya, perkiraan penurunan suku bunga The Fed pada semester II/2024 menjadi salah satu faktor pertimbangan BI dalam menetapkan arah suku bunga kebijakan, tetapi bukan sebagai acuan utama. Bank sentral akan melihat perkembangan laju inflasi, pergerakan nilai tukar rupiah, dan risiko dari ketidakpastian global.

“Kalau rupiah lebih cepat menguat, inflasi lebih rendah, ya ada saja ruang-ruang terbuka [untuk menurunkan BI Rate]. Tapi, tidak akan kemudian bisa dikatakan akan oke, terburu-buru,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

BI Tak Buru-buru Turunkan Bunga

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.