Biang Seret Laju Industri Serat Poliester

Pasar serat poliester Indonesia diproyeksikan melanjutkan pertumbuhan, didorong oleh berkembangnya industri tekstil dan pakaian jadi. Namun, sejumlah tantangan masih mengadang.

Afiffah Rahmah Nurdifa & Fatkhul Maskur

10 Feb 2024 - 09.28
A-
A+
Biang Seret Laju Industri Serat Poliester

Karyawan mengambil gulungan benang di salah satu pabrik tekstil yang ada di Jawa Barat./JIBI-Rahmatullah

Bisnis, JAKARTA--Pasar serat poliester Indonesia diproyeksikan melanjutkan pertumbuhan, didorong oleh berkembangnya industri tekstil dan pakaian jadi. Namun, sejumlah tantangan masih mengadang.

Poliester adalah bahan tekstil yang terbuat dari serat sintetis. Serat ini dibuat dari senyawa kimia, ethylene glycol, dan asam tereftalat, yang dikombinasikan dengan polyethylene terephathalate (PET) yang berasal dari minyak bumi (petroleum).

Poliester termasuk salah satu kain yang populer dan dijadikan material kain andalan untuk beragam produk fashion, seperti kaos, hoodie, hingga kemeja. Selain karena harganya murah, ia juga nyaman digunakan dan mudah menyerap keringat.

Berdasarkan data Statista, permintaan poliester di pasar dunia terus meningkat. Permintaan memang sempat turun pada 2020 seiring dengan ada pandemi Covid-19, namun setelahnya kembali bangkit dengan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.