Bisnis Apartemen Melambat: Uji Nyali Pengembang di Proyek Baru

Colliers mencatat selama 2019—2022, sebanyak 21 proyek apartemen di Jakarta mengalami penundaan penyelesaian. Beberapa di antaranya baru akan rampung pada tahun ini. Pengembang masih menunggu waktu yang tepat untuk meluncurkan proyek baru.

Jaffry Prabu Prakoso

20 Feb 2023 - 11.20
A-
A+
Bisnis Apartemen Melambat: Uji Nyali Pengembang di Proyek Baru

Bisnis, JAKARTA – Pasar apartemen di kota-kota besar Indonesia terpuruk dalam 3 tahun terakhir. Proyek pembangunan yang awalnya diprediksi rampung pada tahun ini, mundur dari jadwal. Para pengembang pun terus menghitung ulang bisnis hunian jangkung, sembari mencuri peluang penetrasi.

Berdasarkan data sejumlah lembaga konsultan properti, permintaan dan pasokan apartemen selama pandemi Covid-19, turun jauh. Proyek yang rampung pun, berkurang siginfikan.

Head of Research Colliers Internasional Indonesia Ferry Salanto mengatakan bahwa jumlah pasok­an apartemen di Ibu Kota, khususnya untuk proyek yang sudah rampung pada tahun ini mencapai 6.708 unit. Jumlah itu dua kali lipat dari rata-rata pasokan selama kurun waktu 2020—2022.

“Pasokan jumlah proyek yang akan launching, kami perkirakan masih belum bertambah. Ini bisa jadi sebuah tanda bahwa pengembang merasa pasar belum sepenuhnya pulih,” ujarnya, Kamis (16/2).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
company-logo

Lanjutkan Membaca

Bisnis Apartemen Melambat: Uji Nyali Pengembang di Proyek Baru

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.