Free

Bisnis Indonesia Award 2023: Bentuk Apresiasi Dunia Usaha

Pemulihan ekonomi yang didorong oleh perbaikan permintaan domestik serta tetap positifnya performa ekspor semakin menunjukkan resiliensi Indonesia atas risiko resesi yang sempat menghantui seluruh negara tanpa terkecuali

Asteria Desi Kartikasari

31 Mei 2023 - 15.56
A-
A+
Bisnis Indonesia Award 2023: Bentuk Apresiasi Dunia Usaha

Presiden Komisaris PT Jurnalindo Aksara Grafika (JAG) Hariyadi B. Sukamdani memberikan pemaparan saat acara Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023 di Jakarta, Rabu (31/5/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA— Pemulihan ekonomi yang didorong oleh perbaikan permintaan domestik serta tetap positifnya performa ekspor semakin menunjukkan resiliensi Indonesia atas risiko resesi yang sempat menghantui seluruh negara tanpa terkecuali

Bertumbuh di Era Baru, menjadi tema dalam Bisnis Indonesia Award 2023 yang sengaja dipilih untuk memberikan apresiasi kepada dunia usaha.Presiden Komisaris Bisnis Indonesia Group Hariyadi Sukamdani menyampaikan, dunia usaha mampu menjaga pertumbuhan positif selama periode tiga tahun dengan senantiasa aktif mencari peluang agar dapat meningkatkan kinerja perusahaannya selama pandemi Covid-19 dan siap menyongsong era baru pasca pandemi.

 “Tema ini dipilih untuk memberikan apresiasi kepada dunia usaha yang mampu menjaga pertumbuhan positif selama periode tiga tahun,” katanya dalam acara Bisnis Indonesia Award 2022 (BIA 2023) yang digelar di JW Marriot Hotel, Jakarta, Rabu (31/5/2023).

 Dia menjelaskan, pemulihan ekonomi yang didorong oleh sisi konsumsi pasca covid-19 dan pencabutan PPKM saat ini semakin memperlihatkan kuatnya optimistis masyarakat dan laju pertumbuhan  yang melampaui perkiraan
 
Pertumbuhan produksi barang dan jasa pada kuartal I/2023 yang mencapai 5,03 persen atau lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya di bawah angka 5 persen , memperlihatkan harapan terus membaiknya daya beli masyarakat.

Suasana saat berlangsungnya acara Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023 di Jakarta, Rabu (31/5/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Sumber pertumbuhan ekonomi ter­­besar yang berasal dari konsumsi rumah tangga dan swasta telah men­­dorong penguatan permintaan dari kegiatan produksi dan investasi. Kuatnya daya beli masyarakat ter­sebut menjadi salah satu faktor pen­ting bagi solidnya laju produk do­mestik bruto.

Sektor korporasi memainkan peran sentral dalam sistem perekonomian dengan menjalankan fungsi produksi dan distribusi barang dan jasa. Pada gilirannya, mereka terlibat secara langsung dalam proses alokasi sumber daya yang ekonomis bagi masyarakat.

Pengaruh korporasi terhadap kehi­­dupan masyarakat di era globalisasi tentunya banyak memberikan dam­pak. Selain sumbangsih bagi kemajuan ekonomi, korporasi juga berperan dalam peningkatan sumber da­ya manusia dan perbaikan lingkung­an. Sejatinya, keberadaan suatu per­usahaan tidak dapat dipisahkan de­ngan masyarakat dan sinergi ke­duanya akan menentukan ke­­berhasilan pembangunan.

Mengingat begitu pentingnya peranan korporasi dalam perekonomian ini, Bisnis Indonesia menilai perlu untuk memberikan apresiasi kepada dunia usaha yang mampu menjaga pertumbuhan positif. Apalagi saat pandemi Covid-19 melanda 3 tahun lalu, tidak mudah bagi korporasi untuk bertahan dan berakselerasi.

Ketua Dewan Juri Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023 Wimboh Santoso memberikan pemaparan terkait metodologi penjurian Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023 di Jakarta, Rabu (31/5/2023). Bisnis/Abdurachman

Mengusung tema Bertumbuh di Era Baru, kami ingin memberikan penghargaan kepada dunia usaha yang mampu menjaga pertumbuhan positif selama periode 3 tahun melalui Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023. Acara ini merupakan kegiatan tahunan dari Bisnis Indonesia Group, di mana pelaksanaan BIA 2023 merupakan yang ke-21.

Kami berkeyakinan upaya inovatif, dengan senantiasa aktif dalam mencari peluang, telah dijalankan secara gemilang oleh perusahaan-perusahaan penerima penghargaan

Adapun, perusahaan penerima penghargaan Bisnis Indonesia Award 2023 dipilih berdasarkan penilaian Dewan Juri yang terdiri dari Prof. Wimboh Santoso, SE., M.Sc. Ph.D., Ketua Dewan Komisioner OJK 2017-2022; Prof. Mardiasmo, M.B.A., Ph.D., Wakil Menteri Keuangan 2014-2019; Lulu Terianto, Presiden Direktur PT Jurnalindo Aksara Grafika; Rivan Kurniawan, Direktur PT Indovesta Utama Mandiri; dan Doni Firdaus, Direktur PT Bahana TCW Investment Management.

Anugerah penghargaan Bisnis Indonesia Award 2023 akan digelar siang ini pada Senin (31/5) di Ballroom, JW Marriot Hotel Jakarta.

Selamat kepada penerima penghar­­gaan. Semoga optimisme terus ter­jaga dalam menyongsong beragam tantangan di masa mendatang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.