Bisnis Kartu Kredit Kembali Berjaya, 2023 Bakal Cerah

Relaksasi kartu kredit, yang kembali diperpanjang oleh Bank Indonesia (BI) baru-baru ini, diperkirakan mampu mempertahankan laju peningkatan volume serta nilai transaksi kartu kredit pada 2023.

Emanuel Berkah Caesario

30 Des 2022 - 17.08
A-
A+
Bisnis Kartu Kredit Kembali Berjaya, 2023 Bakal Cerah

Ilustrasi kartu kredit. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Kinerja bisnis kartu kredit perbankan pada tahun ini mengalami pemulihan setelah menghadapi hantaman berat pandemi sejak awal 2020. Berlanjutnya relaksasi segmen ini oleh Bank Indonesia bakal menjaga tingkat pertumbuhan bisnis kredit konsumsi ini tetap prima pada 2023.

Berdasarkan Statistik Sistem Pembayaran dan Infrastruktur Pasar Keuangan (SPIP), dikutip pada Jumat (30/12/2022), volume transaksi kartu kredit mencapai 280,37 juta transaksi hingga Oktober 2022. Jumlah ini bertumbuh 23 persen secara year-on-year (YoY).

Sementara itu, nilai transaksi kartu kredit sampai dengan Oktober lalu mencapai Rp260,14 triliun. Angka tersebut memperlihatkan kenaikan sebesar 33 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yakni Rp195,12 triliun.

Di balik pertumbuhan volume dan transaksi, jumlah kartu kredit yang beredar tidak banyak mengalami perubahan. Hingga Oktober, jumlah kartu kredit di Indonesia mencapai 16,96 juta. Tidak berbeda jauh dari posisi yang sama tahun lalu sebanyak 16,55 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.