Blak-Blakan Leasing Menyoal 'Jalan Panjang' Pembiayaan Setrum

Kontribusi kendaraan listrik masih kecil untuk menopak portofolio pembiayaan baru perusahaan, meskipun beberapa perusahaan multifinance telah mulai memasuki bisnis hijau tersebut.

Pernita Hestin Untari & Rika Anggraeni

16 Sep 2023 - 19.00
A-
A+
Blak-Blakan Leasing Menyoal 'Jalan Panjang' Pembiayaan Setrum

Warga mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Jakarta pada Rabu (5/4/2023).JIBI/Bisnis-Abdurachman

Bisnis, JAKARTA— Kontribusi kendaraan listrik masih kecil untuk menopak portofolio pembiayaan baru perusahaan, meskipun beberapa perusahaan multifinance telah mulai memasuki bisnis hijau tersebut.

Industri pembiayaan kendaraan listrik memang menjanjikan, seiring dengan program pemerintah untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik. Meskipun untuk itu membutuhkan proses yang masih panjang. Saat ini, mayoritas kendaraan baru maupun bekas konvensional masih menjadi penopang utama industri.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi mengatakan kendaraan listrik masih belum banyak terjual lantaran infrastruktur stasiun pengisian kendaraan listrik di Indonesia masih belum masif. 

“Saat ini pemerintah tengah membangun charging station. Sekarang kalau enggak ada charging-nya mau di-charge di mana, di rumah? Listriknya tidak kuat,” kata Suwandi saat dihubungi Bisnis, Sabtu (16/9/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.