Free

Blokir 585 Pinjol dan Pinpri Ilegal, Satgas Pasti OJK: Waspadalah!

Satgas Pasti mengimbau masyarakat agar waspada dalam menerima tawaran dari pihak yang tidak bertanggung-jawab karena pemberantasan terhadap aktivitas keuangan ilegal sangat membutuhkan dukungan dan peran serta dari masyarakat.

Redaksi

19 Apr 2024 - 19.49
A-
A+
Blokir 585 Pinjol dan Pinpri Ilegal, Satgas Pasti OJK: Waspadalah!

Pinjaman online. Pastikan selalu memperhatikan dua aspek penting yaitu Legal dan Logis (2L). - Foto Bisnis.com

Bisnis, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menemukan 585 entitas pinjaman online (pinjol) ilegal dan pinjaman pribadi (pinpri) melalui Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal atau Satgas PASTI, selama rentang periode Februari hingga Maret 2024.

Perinciannya, sebanyak 537 entitas merupakan pinjol ilegal di sejumlah website dan aplikasi, sedangkan 48 lainnya adalah konten penawaran pinpri.

Menurut Sekretariat Satgas Pasti, Hudiyanto dalam keterangan tertulisnya dikutip (18/4/2024), setelah melakukan koordinasi antaranggota, Satgas PASTI telah melakukan pemblokiran aplikasi dan informasi terkait.

Satgas Pasti juga berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk menindaklanjutinya sesuai ketentuan yang berlaku.

Selain itu, terdapat juga 17 entitas yang telah diblokir karena melakukan penawaran investasi atau kegiatan keuangan ilegal yang berpotensi merugikan masyarakat dan melanggar ketentuan penyebaran data pribadi.

Adapun, perinciannya yakni 1 entitas melakukan penipuan dengan modus penawaran kerja paruh waktu dengan sistem deposit. Lalu, 13 entitas melakukan penawaran investasi tanpa izin.

Kemudian, 2 entitas melakukan kegiatan perdagangan aset kripto tanpa izin dan satu lainnya melakukan kegiatan perdagangan dengan sistem multi-level marketing tanpa izin.

Baca juga:

Banyak Warga Masyarakat Terjerat Pinjol, Ini Penyebabnya

Buah Pajak Pinjol ke Negara Tak Semanis Kinerjanya

Dengan pemblokiran ini, artinya Satgas Pasti telah menghentikan 9.062 entitas keuangan ilegal yang terdiri dari 1.235 entitas investasi ilegal, 7.576 entitas pinjol/pinpri ilegal, dan 251 entitas gadai ilegal sejak 2017 hingga 31 Maret 2024.

Di samping itu, pada periode Januari hingga Februari 2024, Satgas PASTI telah melakukan pemblokiran terhadap 195 nomor kontak pihak penagih (debt collector) dari pinjol ilegal.

Mereka dilaporkan karena melakukan ancaman, intimidasi maupun tindakan lain yang bertentangan dengan ketentuan.

Satgas Pasti mengimbau masyarakat agar waspada dalam menerima tawaran dari pihak yang tidak bertanggung-jawab karena pemberantasan terhadap aktivitas keuangan ilegal sangat membutuhkan dukungan dan peran serta dari masyarakat.

“Pastikan selalu memperhatikan dua aspek penting yaitu Legal dan Logis (2L). Legal artinya memastikan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan tersebut sudah memiliki izin usaha yang tepat dari otoritas/lembaga yang mengawasi. Logis artinya selalu memperhatikan hasil atau keuntungan yang ditawarkan, apakah logis atau tidak,” tutur Hudiyanto. (Muhammad Fauzan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.