Blusukan Mendag ke Pasar Badung, Harga Bapok di Bawah Rata-Rata

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut harga bahan pokok pada Pasar Badung stabil, bahkan di bawah rata-rata pasar di Jawa dan luar Jawa.

Jaffry Prabu Prakoso

21 Sep 2022 - 14.24
A-
A+
Blusukan Mendag ke Pasar Badung, Harga Bapok di Bawah Rata-Rata

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

DENPASAR – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengunjungi Pasar Badung, Denpasar pada Rabu (21/9/2022). Dalam kunjungan tersebut, menteri yang akrab disapa Zulhas tersebut memantau beberapa harga bahan pokok.

Berdasarkan pantauannya, harga-harga bahan pokok di Pasar Badung cenderung stabil, bahkan berada di bawah rata-rata pasar lainnya.

"Di Pasar Badung harganya stabil, bahkan harganya di bawah rata-rata pasar lain," kata Zulhas di Denpasar, Rabu (21/9/2022).


Petugas Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (KKKS) Kota Denpasar membagikan masker gratis kepada pedagang di Pasar Badung, Denpasar, Bali, Rabu (8/4/2020)./Antara-Nyoman Hendra Wibowo


Dia menyebut bahwa harga beberapa bahan pokok seperti bawang merah yang sebesar Rp23.000 per kilo gram dengan subsidi dan Rp25.000 tanpa subsidi. Lalu, ayam sebesar Rp35.000 per kg, daging sapi Rp105.000 per kg, dan cabai sebesar Rp45.000 per kg.

Hanya, kata dia, harga daging kambing agak mahal di Pasar Badung, yakni sebesar Rp160.000 per kg. Menurutnya hal ini disebabkan pemerintah berupaya agar penyakit mulut dan kuku (PMK) tidak masuk ke Bali.

"Kambing memang agak mahal karena agak ketat dari Jawa. Masuk kemari tidak mudah karena memang pemerintah ekstra hati-hati PMK," ucapnya.


Baca juga: Presiden Ingatkan Krisis Pangan, Bapanas Sebut Stok Aman


Selain itu, Zulhas juga memantau peredaran minyak goreng kemasan MinyaKita di Denpasar. Zulhas menyebut harga minyak goreng MinyaKita sebesar Rp14.000 per kemasan.

"Jadi pendek kata, di sini harganya stabil, bahkan di bawah rata-rata pasar di Jawa dan luar Jawa," tutur dia.

Klaim Cabai Turun dalam 3 Minggu

Kementerian Perdagangan (Kemendag) memprediksi harga cabai yang naik akibat berbagai kondisi mulai dari harga BBM hingga minimnya pasokan akan mulai turun dalam tiga minggu ke depan.

Dalam laporan yang berjudul Perkembangan Harga, Inflasi, dan Stok Indikatif Barang Kebutuhan Pokok per 19 September 2022, penurunan harga cabai akan terjadi seiring dengan adanya panen di beberapa daerah sentra produksi.


Pedagang cabai melayani pembeli di salah satu pasar di Jakarta, Rabu (6/7/2022). Bisnis/Eusebio Chysnamurti


“Identifikasi potensi produksi dan sebaran distribusi sentra produksi cabai, di mana diperkirakan harga cabai turun dalam 2 sampai 3 minggu kedepan,” tulis laporan tersebut dikutip Selasa (20/9/2022).

Berdasarkan laporan tersebut, panen raya untuk cabai merah dan cabai rawit hijau di Lumajang, Jember, Banyuwangi, Kediri, dan Bali akan mulai pada pekan kedua Oktober. Khusus untuk cabai rawit merah di sentra Jawa Timur diperkirakan mulai panen pada minggu ketiga Oktober.

Potensi panen tersebut dengan catatan cuaca mendukung/tidak hujan terus menerus. Adapun luas potensi panen di Jawa Timur sebanyak 5.100 Ha (cabai merah besar) dan 16.000 Ha (cabai rawit merah) dengan estimasi produksi sebanyak 147–160 ton per hari dan pada puncak panen pada bulan November 2022–Januari 2023 produksi diperkirakan meningkat hingga 240 ton per hari.


Baca juga: Dua Minggu BBM Naik, Mendag Sebut Kebutuhan Pokok Masih Stabil


Stok indikatif saat ini yang Kemendag pantau dari 20 Pasar Induk sebanyak 371,09 ton per hari di mana pasokan normal berada di angka 386 ton per hari. Artinya, pasokan saat ini berada 3,86 persen di bawah normal.

Masih berdasarkan laporan tersebut, harga cabai rawit merah terpantau masih mengalami kenaikan. Sedangkan jenis cabai lainnya mulai mengalami sedikit penurunan.

Harga cabai merah keriting di eceran nasional hari ini turun 1,48 persen dibanding bulan lalu menjadi Rp59.800 per kilogram (kg). Cabai merah besar turun jauh 5,56 persen ke angka Rp57.700 per kg. Sedangkan harga cabai rawit merah naik 2,87 persen menjadi Rp68.100 per kg. (Annisa Kurniasari Saumi dan Annasa Rizki Kamalina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.