Free

BMW Bangun Pabrik Baterai Canggih di Hungaria

Sebagai bagian dari pabrik canggihnya, Grup BMW membangun fasilitas perakitan baterai tegangan tinggi untuk kendaraan Neue Klasse di Debrecen dengan investasi lebih dari 2 miliar euro. Pembangunan pabrik tercanggih ini akan rampung pada 2025.

Fatkhul Maskur

28 Nov 2022 - 14.30
A-
A+
BMW Bangun Pabrik Baterai Canggih di Hungaria

BMW Group iFactory, Milan Nedeljkovic, Anggota Dewan Manajemen BMW AG (04/2022) - Foto BMW

Bisnis, JAKARTA - Sebagai bagian dari pabrik canggihnya, Grup BMW membangun fasilitas perakitan baterai tegangan tinggi untuk kendaraan Neue Klasse di Debrecen dengan investasi lebih dari 2 miliar euro. Pembangunan pabrik tercanggih ini akan rampung pada 2025.

Perakitan baterai Grup BMW itu berlokasi di pabrik kendaraan Debrecen, yang mulai dibangun sekitar 6 bulan lalu. Dengan pabrik baru ini, perusahaan akan menciptakan lebih dari 500 pekerjaan tambahan.

“Di Debrecen, kami sedang membangun pabrik paling canggih di dunia. Dengan iFactory, kami menetapkan standar industri baru untuk produksi kendaraan. Investasi kami menggarisbawahi pendekatan sistematis e-mobilitas,” kata Milan Nedeljkovic, Anggota Board of Management BMW AG, Jumat (25/11/2022).

Pengumuman baru tersebut disambut baik oleh pemerintah Hungaria. Peter Szijjarto, Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hongaria, mengatakan bahwa pabrik Grup BMW di Debrecen adalah simbol keberhasilan kebijakan ekonomi Hongaria selama 12 tahun terakhir. 

"Pabrik menggabungkan perlindungan lingkungan dan daya saing, dan itu lebih dari yang kami rencanakan semula,” kata Peter Szijjarto.

Hans-Peter Kemser, Presiden dan CEO BMW Manufacturing Hungaria Kft., mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang merekrut kolega baru secara lokal dan dari seluruh Hungaria untuk dapat membangun masa depan BMW Group Plant Debrecen bersama-sama.

"Pabrik tersebut, bersama dengan mitra lokal di bidang pendidikan, akan meluncurkan program pendidikan ganda pada musim gugur 2023 di pusat pelatihan internalnya," katanya.

László Papp, Wali Kota Debrecen, menekankan peran Grup BMW untuk kota. "Dengan investasinya di Debrecen, selain menciptakan lapangan kerja baru, BMW Group membuat komitmen jangka panjang kepada masyarakat kota kami. Kami sedang membangun masa depan yang berkembang bersama.”


Sel baterai BMW bundar yang inovatif - sel smbolic (09/2022).- Foto BMW


RANTAI PASOK

Perakitan baterai tegangan tinggi yang berlokasi di pabrik kendaraan Debrecen, memastikan jarak pendek rantai pasok. 

Markus Fallbohmer, Wakil Presiden Senior Produksi Baterai di BMW Group, menjelaskan bahwa BMW iFactory juga memastikan jarak pendek untuk logistik. Hubungan erat antara perakitan baterai dan produksi kendaraan adalah bagian dari strategi BMW.

Di Debrecen, sel baterai bulat generasi berikutnya akan dirakit menjadi tempat baterai – rangka logam, yang kemudian diintegrasikan ke bagian bawah bodi mobil. Produksi resmi baterai tegangan tinggi generasi keenam akan dimulai pada 2025 – bersamaan dengan dimulainya produksi kendaraan. 

Semua baterai untuk kendaraan dari Plant Debrecen akan dirakit di lokasi tersebut. Fasilitas produksi baru akan meluas ke area seluas sekitar 140.000 m². Pekerjaan konstruksi baru saja dimulai.


LANGKAH MAJU

Baterai sangat menentukan daya saing kendaraan listrik. Baterai produksi pabrik Debrecen merupakan baterai generasi keenam. Diproduksi dengan prinsip-prinsip keberlanjutan baterai ini akan membawa lebih banyak keuntungan bagi pelanggan.

Dengan baterai generasi berikutnya untuk Neue Klasse, jangkauan akan meningkat hingga 30 persen, dan kecepatan pengisian daya hingga 30 persen lebih cepat.

BMW Group secara khusus berfokus pada menjaga jejak karbon dan konsumsi sumber daya untuk produksi serendah mungkin, dimulai dari rantai pasokan. 

Pabrikan sel akan menggunakan kobalt, litium, dan nikel yang menyertakan persentase bahan sekunder, yaitu bahan mentah yang tidak baru ditambang, tetapi sudah ada dalam lingkaran, dalam produksi sel baterai. 

Dikombinasikan dengan komitmen untuk hanya menggunakan tenaga ramah lingkungan dari energi terbarukan untuk produksi sel baterai, BMW Group akan mengurangi jejak karbon produksi sel baterai hingga 60 persen.

Pabrik Debrecen merupakan pabrik model dalam sistem BMW. Pabrik ini akan menjadi basis pertama BMW untuk produksi mobil listrik secara eksklusif. 

Produksi percobaan dijadwalkan akan dimulai pada akhir 2024, dengan produksi seri dimulai pada 2025. Setelah tahap pertama, pabrik BMW akan memproduksi 150.000 mobil per tahun dan mempekerjakan 1.000 orang.

Grup BMW merupakan merek mobil listrik plug-in terlaris kelima pada 2021 dengan angka penjualan 228.114 unit. BMW masih di bawah Mercedes Benz, Volkswagen, SGMW, BYD, dan Tesla dalam hal penjualan mobil listrik baterai dan hibrida plug-in.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.