BMW iX Flow, Pengubah Warna Ekterior Mobil secara Ajaib

Digitalisasi telah menghadirkan pengalaman pengguna berciri individualitas dan emosionalisasi pada interior mobil. BMW iX Flow dengan E Ink memungkinkan warna eksterior mobil berubah secara ajaib.

Fatkhul Maskur

6 Jan 2022 - 14.30
A-
A+
BMW iX Flow, Pengubah Warna Ekterior Mobil secara Ajaib

Teknologi E Ink itu sangat hemat energi. - Foto BMW

Bisnis, JAKARTA - Digitalisasi telah menghadirkan pengalaman pengguna berciri individualitas dan emosionalisasi di interior model BMW. Kini, pabrikan yang berbasis di Munich itu menawarkan teknologi digital untuk menampilkan eksterior mobil sesuai situasi dan keinginan pemiliknya.

Teknologi terbaru itu adalah BMW iX Flow dengan E Ink, yakni teknologi masa depan yang menggunakan digitalisasi untuk menyesuaikan eksterior kendaraan dengan situasi dan keinginan individu yang berbeda. 

Permukaan BMW iX Flow yang menampilkan E Ink dapat memvariasikan warna sesuai permintaan pengemudi. Ini merupakan salah satu inovasi BMW yang dipamerkan di CES 2022, 5-7 Januari.

"Pengalaman digital tidak hanya terbatas pada tampilan di masa depan. Akan ada lebih banyak dan lebih banyak perpaduan nyata dan virtual. Dengan BMW iX Flow, kami menghidupkan bodi mobil," ujar Frank Weber, Anggota Dewan Manajemen BMW AG, Rabu (5/1/2022).

Perubahan warna cairan dimungkinkan oleh bungkus bodi yang dikembangkan secara khusus yang disesuaikan secara tepat dengan kontur Mobil Aktivitas Olahraga semua-listrik dari BMW. Ketika dirangsang oleh sinyal listrik, teknologi elektroforesis membawa pigmen warna yang berbeda ke permukaan, menyebabkan kulit tubuh mengambil warna yang diinginkan. 

"BMW iX Flow adalah proyek penelitian dan desain tingkat lanjut dan contoh yang bagus dari pemikiran ke depan yang membuat BMW dikenal," ujar Adrian van Hooydonk, Kepala Desain Grup BMW.

Teknologi E Ink yang inovatif membuka cara baru untuk mengubah penampilan kendaraan sesuai dengan preferensi estetika pengemudi, kondisi lingkungan, atau bahkan persyaratan fungsional. Dengan demikian, teknologi ini menawarkan potensi personalisasi yang belum pernah ada sebelumnya di bidang desain eksterior. 

BMW iX Flow yang menampilkan E Ink menunjukkan potensi efek yang mengesankan. Dengan latar belakang ini, BMW Group mendorong pengembangan teknologi sehingga bentuk personalisasi baru dapat dilakukan, baik di luar maupun di dalam kendaraan produksi masa depan.

Saat ini pun, warna yang dipilih untuk mobil adalah ekspresi dari kepribadian pengemudi. Pilihan cat eksterior yang tersedia untuk model BMW saat ini pun mencakup spektrum warna yang luas. 

Dengan cara ini, kerinduan akan penampilan luar yang sangat ekspresif, beragam, atau sportif itu dapat diperhitungkan. Pada saat yang sama, keinginan akan penampilan yang bersahaja, halus atau elegan, juga bisa diwujudkan. 

BMW berkomitmen untuk menambahkan varian baru setiap tahun yang mencerminkan karakteristik model sekaligus memungkinkan merek untuk terus menetapkan tren di bidang desain eksterior.

Teknologi baru akan memberikan tingkat kebebasan pengambilan keputusan yang sama sekali baru di masa depan. "Ini memberi pengemudi kebebasan untuk mengekspresikan berbagai aspek kepribadian mereka atau bahkan kesenangan mereka terhadap perubahan secara lahiriah, dan untuk mendefinisikan ulang ini setiap kali mereka duduk di mobil mereka.

"Mirip dengan fashion atau iklan status di saluran media sosial, kendaraan kemudian menjadi ekspresi suasana hati dan keadaan yang berbeda dalam kehidupan sehari-hari," kata Stella Clarke, Kepala Proyek BMW iX Flow yang menampilkan E Ink. 

Meningkatkan Efisiensi

Warna eksterior yang bervariasi juga dapat berkontribusi pada kesehatan interior dan efisiensi kendaraan. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan berbeda dari warna terang dan gelap dalam hal memantulkan sinar matahari dan penyerapan energi panas.

BMW iX Flow Featuring E Ink. Foto BMW


Permukaan putih memantulkan lebih banyak sinar matahari daripada yang hitam. Implikasinya, pemanasan kendaraan dan kompartemen penumpang akibat sinar matahari yang kuat dan suhu luar yang tinggi dapat dikurangi dengan mengubah eksterior menjadi warna terang. 

Dalam cuaca yang lebih dingin, kulit luar yang gelap akan membantu kendaraan menyerap lebih banyak kehangatan dari matahari.

Dalam kedua kasus, perubahan warna selektif dapat membantu mengurangi jumlah pendinginan dan pemanasan yang dibutuhkan dari AC kendaraan. Ini mengurangi jumlah energi yang dibutuhkan sistem kelistrikan kendaraan dan dengan itu juga konsumsi bahan bakar atau listrik kendaraan. 

Dalam mobil serba listrik, mengubah warna sesuai cuaca juga dapat membantu meningkatkan jangkauan. Di bagian interior, teknologi tersebut, misalnya, dapat mencegah dasbor menjadi terlalu panas.

Teknologi E Ink itu sangat hemat energi. Tidak seperti layar atau proyektor, teknologi elektroforesis sama sekali tidak membutuhkan energi untuk menjaga keadaan warna yang dipilih tetap konstan. Arus hanya mengalir selama fase perubahan warna singkat.

Jutaan Kapsul Cat

Pewarnaan elektroforesis didasarkan pada teknologi yang dikembangkan oleh E Ink, yang paling terkenal dari tampilan yang digunakan di eReader. 

Lapisan permukaan BMW iX Flow yang menampilkan E Ink mengandung jutaan mikrokapsul, dengan diameter yang setara dengan ketebalan rambut manusia. Masing-masing mikrokapsul ini mengandung pigmen putih bermuatan negatif dan pigmen hitam bermuatan positif. 

BMW iX Flow Featuring E Ink. Foto BMW


Tergantung pada pengaturan yang dipilih, stimulasi melalui medan listrik menyebabkan pigmen putih atau hitam terkumpul di permukaan mikrokapsul, memberikan warna yang diinginkan pada bodi mobil.

Mencapai efek ini pada bodi kendaraan melibatkan penerapan banyak segmen ePaper yang dipasang dengan tepat. Proses desain generatif diterapkan untuk memastikan segmen mencerminkan kontur karakteristik kendaraan dan variasi yang dihasilkan dalam cahaya dan bayangan. 

Algoritme desain generatif memungkinkan kemampuan bentuk dan fleksibilitas yang diperlukan untuk menyesuaikan ePaper secara tepat dengan garis desain kendaraan.

Teknologi pemotongan laser menjamin presisi tinggi dalam menghasilkan setiap segmen. Setelah segmen diterapkan dan catu daya untuk merangsang medan listrik terhubung, seluruh tubuh dihangatkan dan disegel untuk menjamin reproduksi warna yang optimal dan seragam selama setiap perubahan warna.

Apabila BMW iX Flow featuring E Ink merupakan teknologi perubahan warna eksterior secara magis, My Mode memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan suasana di interior sepenuhnya dengan suasana hati pribadi mereka dan pengalaman berkendara yang mereka inginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.