Free

BMW Produksi Mobil Listrik di Afrika Selatan

Pabrik BMW di Rosslyn dipastikan memulai produksi mobil listrik plug-in pada 2024. Pabrik di Afrika Selatan ini merupakan fasilitas produksi luar negeri pertama Grup BMW yang berdiri sejak 50 tahun silam.

Fatkhul Maskur

30 Jun 2023 - 14.02
A-
A+
BMW Produksi Mobil Listrik di Afrika Selatan

Milan Nedeljković, BMW AG Board Member for Production, and Paul Mashatile, Deputy President of South Africa (06/2023). Foto BMW

Bisnis, JAKARTA - Pabrik BMW di Rosslyn dipastikan memulai produksi mobil listrik plug-in pada 2024. Pabrik di Afrika Selatan ini merupakan fasilitas produksi luar negeri pertama Grup BMW yang berdiri sejak 50 tahun silam.

Menandai ulang tahun perak pabrik Rosslyn, Grup BMW mengumumkan elektrifikasi di fasilitas produksi tersebut mulai 2024. Model kendaraan pertama yang akan dirakit adalah BMW X3 hibrida plug-in untuk ekspor global.

“Mulai 2024 kami akan memproduksi BMW X3 sebagai plug-in hybrid untuk ekspor global di Afrika Selatan," ujar Milan Nedeljković, Anggota Dewan Produksi BMW AG, Jumat (29/6/2023).

Untuk menyiapkan Pabrik Rosslyn untuk elektromobilitas, Grup BMW menginvestasikan sebesar 4,2 miliar rand (lebih dari 200 juta euro). Investasi tersebut akan disertai dengan pelatihan spesialis untuk lebih dari 300 karyawan di pabrik tersebut.

Investasi di Pabrik Rosslyn sejalan dengan rencana induk global BMW iFactory untuk produksi masa depan. Ini menandai langkah lebih lanjut dalam memajukan pengembangan produksi yang efisien, terdigitalisasi, dan ramah sumber daya.

Pabrik Rosslyn telah memproduksi lebih dari 1,6 juta kendaraan hingga saat ini dan mengekspornya ke lebih dari 40 negara di seluruh dunia, termasuk 14 negara di Afrika.

Portofolio produksinya meliputi BMW 1800 SA, BMW 2000 SA, BMW Seri 5, dan Seri 7. Lalu BMW X3 mulai diproduksi sejak 2018.

Saat ini, Grup BMW menjual kendaraan di lebih dari 140 negara di seluruh dunia dan mengoperasikan fasilitas manufaktur di 15 negara.

BMW tidak hanya membuat pabrik Afrika Selatan. Pada tahun lalu, perusahaan juga membuka pusat teknologi informasi globalnya. Penyedia layanan teknologi informasi bagi BMW itu saat ini mempekerjakan sekitar 2.000 karyawan.

Oleh karena ukuran dan karakteristik spesifiknya sebagai pasar, Afrika Selatan juga merupakan tempat yang tepat untuk melakukan inovasi percontohan. Pada 2020, misalnya, Grup BMW merintis penjualan langsung dengan mitra dagang di Afrika Selatan. Itu bisa mendapatkan pengalaman yang luas dari proyek dan terus berusaha untuk memberikan pengalaman pelanggan premium terbaik di industri.


ELEKTRIFIKASI DI INDONESIA

BMW X3 pertama kali dikenalkan di dunia otomotif pada 2003, dan setahun setelahnya masuk Indonesia. Saat ini BMW X3 sudah masuk generasi ketiga. Perakitan lokal Indonesia model ini dilakukan pada 2021.

Saat ini BMW X3 ditawarkan dalam dua varian, yakni X3 sDrive20i xLine berstatus rakitan lokal Indonesia seharga Rp1,31 miliar, dan BMW X3 xDrive30i M Sport seharga Rp1,44 on the road Jakarta.

Di Indonesia, X3 merupakan model terlaris BMW. BMW X3 sepanjang lima bulan pertama tahun ini mencatatkan penjualan 270 unit, atau menyumbang 17% terhadap total penjualan mobil merek BMW di Indonesia.

Perinciannya, penjualan model BMW X3 sDrive20i xLine sebanyak 262 unit, serta BMW M Sport berstatus impor CBU dari Amerika Serikat sebanyak 8 unit.

Meski menjadi model terlaris, BMW sejauh ini belum menggunakan X3 sebagai strategi eletrifikasi di pasar Indonesia.

Sejauh ini, BMW telah masuk segmen pasar mobil listrik di Indonesia dengan menghadirkan model BMW i dan BMW iX. Sepanjang lima bulan pertama 2023, BMW i440 Gran Coupe mencatatkan penjualan 30 unit, adapun BMW iX xDrive40 terjual 143 unit.

Kedua model mobil listrik BMW tersebut berstatus mobil impor yang didatangkan dari Jerman. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.