Bocoran Singkat Spesifikasi hingga Detail Kereta Otonom IKN

Kereta otonom ini akan dibangun dalam dua fase. Transportasi massal tersebut akan berada di kawasan Sumbu Kebangsaan Timur dan Sumbu Kebangsaan Barat.

Lorenzo Anugrah Mahardhika

2 Mar 2024 - 12.33
A-
A+
Bocoran Singkat Spesifikasi hingga Detail Kereta Otonom IKN

Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau proyek kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) di IKN Nusantara./ Dok. Kemenhub

Bisnis, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberikan perkembangan terbaru terkait rencana menyebutkan pembangunan kereta otonom atau autonomous rail transit (ART) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Pembangunan kereta otonom ini akan dibangun dalam dua fase. Budi Karya menuturkan, kereta tersebut akan berada di kawasan Sumbu Kebangsaan Timur dan Sumbu Kebangsaan Barat. 

Secara terperinci, panjang pembangunan jalur ART tahap I sekitar 1,2 km. Sementara itu, panjang pembangunan jalur tahap II adalah 5,2 km.

Baca juga: Gairah Transportasi Udara Pantik Kunjungan Wisman di Awal Tahun

"Saat beroperasi nanti, jalur dan halte ART akan sharing dengan bus rapid transit [BRT]," kata Budi Karya dalam keterangan resminya, Jumat (1/3/2024).

Menhub menjelaskan, ART dioperasikan menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet. Satu set ART terdiri dari dua gerbong, dengan total kapasitas penumpang sebanyak 324 orang.

Selanjutnya, kecepatan operasional kereta otonom tersebut adalah 40 km/jam dan maksimal 70 km/jam.

Sebelumnya, Budi Karya dalam kunjungan kerjanya ke China telah bertemu Menteri Transportasi yakni Li Xiaopeng membahas kerja sama lanjutan pembangunan transportasi massal kereta api di IKN.



Tak hanya bertemu dengan Menteri Transportasi China, Budi juga diketahui bertemu dengan sejumlah pimpinan China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) untuk membahas kelanjutan kerja sama pembangunan kereta api Autonomous Rail Transit (ART) untuk IKN.

Selain membangun kereta, pemerintah juga menyiapkan akses tol dari bandara ke IKN. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pembangunan infrastruktur jalan tol dan bandara membuat waktu tempuh perjalanan ke IKN menjadi lebih singkat.

"Tolong nanti dilihat setelah bulan Juni, begitu tolnya selesai, begitu nanti airportnya selesai, dari airport ke sini hanya 15 menit. Begitu tol selesai, dari Balikpapan ke sini 45 menit," katanya saat melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking kantor PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dikutip dari siaran pers, Kamis (29/2/2024). 

Baca juga: Kereta Otonom IKN Bakal Dibangun 2 Fase, Menhub Beri Info Detailnya

Jokowi mengingatkan, IKN harus dikelola dengan baik agar tidak kehilangan kendali seperti beberapa ibu kota baru di negara lain. 

Dia menyebut konsep hutan kota (forest city) dan kota pintar (smart city) merupakan fondasi utama pengembangan IKN sebagai kota yang berkelanjutan, bebas polusi, dan didukung oleh transportasi umum berbasis listrik. (Dany Saputra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.