Bom untuk Veronica Koman, Kerabat pun Dikirimi Bangkai Ayam

Selain ledakan bom di rumah orangtua Veronica Koman, kerabat Veronica mendapat kiriman bangkai ayam disertai pesan tertulis bernada ancaman.

Redaksi

8 Nov 2021 - 15.08
A-
A+
Bom untuk Veronica Koman, Kerabat pun Dikirimi Bangkai Ayam

Ilustrasi

Bisnis, JAKARTA - Ledakan diduga berasal dari bom terjadi di depan rumah orangtua Veronica Koman, Minggu (7/11/2021). Di tempat lain, kerabat Veronica mendapat kiriman bangkai ayam disertai pesan tertulis bernada ancaman.

Ledakan yang diduga sebagai teror atas aktivitas Veronica Koman terkait Papua itu kini masih diselidiki aparat kepolisian.

Sementara itu, menurut pihak Densus 88, bom yang meledak di depan rumah orangtua Veronica Koman tidak sama dengan bom yang selama ini digunakan kelompok teroris di Indonesia.

Kasus teror terhadap Veronica Koman rupanya tak hanya menyasar rumah orangtuanya. Rumah kerabat Veronica Koman di kawasan Jakarta Barat dikabarkan tak luput dari pelaku teror.

Informasi tersebut disampaikan aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Papua Itu Kita, Michael Himan. Menurut Michael, pada hari yang sama dengan terjadinya ledakan atau sekitar pukul 10.26 WIB, ada dua orang berpakaian seperti pengemudi ojek online yang mengantar paket ke rumah kerabat Veronica Koman.

"Pagi itu mengantar paket atas nama Veronica Koman, padahal di tempat kerabat Veronica Koman itu tidak ada berkomunikasi atau berinteraksi dengan Vero," kata Michael, dikutip dari Tempo, Senin (8/11/2021).

Paket berbungkus warna biru itu kemudian ditaruh begitu saja di pintu gerbang dan kemudian sempat dibawa masuk oleh asisten rumah tangga.

Oleh istri pemilik rumah, paket tersebut disimpan di dalam rumah dan tidak dibuka sama sekali.

Sekitar pukul 20.00, suami pemilik rumah yang merupakan kerabat Vero pulang. Melihat paket tersebut bukan atas nama mereka, paket dikembalikan ke pintu masuk semula.

Sekitar pukul 23.00 WIB, tim advokasi Papua yang mendapat informasi tersebut kemudian mendatangi rumah kerabat Veronica Koman bersama tim Densus 88 dan Kepolisian dari Polres Jakarta Barat.

"Kami menghampiri rumah anggota keluarga Veronica, polisi melakukan pemeriksaan. Rupanya isi [paket] itu ada bangkai ayam dan ada tulisan teror-teror seperti itu. Tulisan itu ancaman kepada Veronica Koman," kata Michael.

Pesan pada secarik kertas itu berbunyi, "Barangsiapa yang menyembunyikan Veronica Koman akan bernasib sama dengan bangkai ini".

Terkait dengan kasus tersebut, polisi hingga saat ini masih menyelidiki siapa pelakunya.

Kepala Bagian Bantuan Operasi Densus 88 Antiteror Polri, Komisaris Besar Aswin Siregar mengatakan, polisi menduga ledakan dan teror bangkai ayam yang terjadi di rumah orangtua dan kerabat Veronica berkaitan dengan kegiatan dan sikap Veronica Koman selama ini yang pro kemerdekaan Papua.

"Diperkirakan merupakan bentuk ancaman terhadap penghuni rumah terkait tindakan-tindakan Veronica Koman," kata Aswin, Senin (8/11/2021), seperti dikutip dari Tempo. (Setyo Puji Santoso)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.