Bos GOTO Buka Suara mengapa Saham Perusahaan Terus Turun

Berakhirnya periode penguncian saham atau lock-up saham GOTO menyebabkan ada kenaikan dari jumlah saham GOTO yang beredar di Bursa Efek Indonesia.

Jaffry Prabu Prakoso

8 Des 2022 - 20.08
A-
A+
Bos GOTO Buka Suara mengapa Saham Perusahaan Terus Turun

Pengemudi Gojek menunjukkan dua aplikasi milik PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. Emiten dengan kode GOTO ini memaparkan mengapa nilai saham perusahaan terus turun. /Bisnis-Himawan L Nugraha

JAKARTA – Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) menjelaskan kepada publik mengenai harga sahamnya yang terus turun sejak akhir November 2022. Menurut manajemen GOTO, salah satu penyebabnya adalah investor awal perseroan yang mengambil untung.

Group President GOTO Patrick Cao menjelaskan bahwa fluktuasi harga saham yang terjadi di GOTO sama dengan yang terjadi dengan perusahaan publik lainnya. Hal tersebut merupakan bagian dari mekanisme pasar dan dipengaruhi berbagai faktor.

Dia menjelaskan bahwa dengan berakhirnya periode penguncian saham atau lock-up, ada kenaikan dari jumlah saham GOTO yang beredar di pasar. Ini mengakibatkan peningkatan pada transaksi jual beli saham.

Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha  


"Hal ini diakibatkan oleh beberapa hal, antara lain, investor awal yang masuk di harga rendah merealisasikan keuntungan, berakhirnya masa investasi atau fund life untuk investor finansial, dan kebutuhan likuiditas di akhir tahun," kata Patrick dalam paparan publik GOTO, Kamis (8/12/2022).

Dia melanjutkan bahwa hal tersebut merupakan hal yang lazim bagi pemegang saham untuk mencari likuiditas setelah lock up berakhir. Apalagi, jika pemegang saham merupakan investor awal perusahaan.

"Walau kami tidak dapat berbicara mewakili investor, kami meyakini secara umum. Mereka terus percaya secara fundamental dari potensi bisnis GOTO ke depannya," ujar dia.

Baca juga: Antara Asa GOTO & Label Kinerja Saham Tekno Terburuk di Dunia

Adapun menurutnya GOTO terus melakukan penjajakan dengan investor potensial yang baru, terutama menuju peluang masuknya GOTO ke dalam indeks global di paruh pertama 2023.

Dia menyebut bahwa tugas pihaknya sebagai manajemen kunci adalah memastikan fokus GOTO untuk terus memastikan pertumbuhan berkualitas, dan bekerja keras memastikan operasi yang efisien untuk mempercepat langkah GOTO menuju profitabilitas.

"Semua langkah-langkah ini kami lakukan untuk memberikan manfaat dan nilai jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan," kata dia.

ARB Lagi

GOTO kembali  menjadi beban indeks setelah kembali auto rejection bawah (ARB) untuk ke-9 kalinya. Perusahaan kembali menjadi pemberat indeks dengan melemah 6,54 persen atau 7 poin ke level psikologis Rp100 dengan nilai turnover Rp16 miliar. 

Baca juga: Asa Tersisa di Saham GOTO Usai Lock-Up Period Berakhir

Saham GOTO hari ini longsor ke level terendah baru dan mencerminkan penurunan 70,41 persen dari posisi debut perdagangan saat melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada April lalu.

Berdasarkan data Bloomberg, anjloknya saham tersebut membuat kapitalisasi pasar emiten teknologi terbesar di BEI ini bertengger di Rp118,44 triliun, turun lebih dari separuh kapitalisasi pasar saat IPO yang sekitar Rp400,31 triliun. Dengan demikian, kapitalisasi pasar GOTO telah hangus sebanyak Rp281,87 triliun.


Sepanjang hari ini, saham GOTO ditransaksikan sebanyak 478,42 juta saham, dengan nilai Rp47,84 miliar dan frekuensi sebanyak 13.084. Alhasil, price to earning ratio (PER) GOTO parkir di minus 4,37 kali.

Saham GOTO termasuk yang memberatkan pergerakan IHSG hari ini. Tercatat, IHSG turun 0,21 persen atau 14,52 poin ke 6.804,22. Sebannyak 226 saham menguat, 316 saham melemah, dan 156 saham stagnan. (Annisa Kurniasari Saumi, Rinaldi Mohammad Azka, dan Farid Firdaus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.