BPJS Kesehatan Gandeng Mbizmarket Percepat Pengadaan Digital

​Pemanfaatan platform B2B e-commerce mitra Toko Daring LKPP ini merupakan terobosan bagi manajemen BPJS Kesehatan untuk memenuhi pengadaan barang dan jasa pemerintah yang transparan dan akuntabel sesuai dengan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Yanita Petriella

24 Jan 2024 - 12.21
A-
A+
BPJS Kesehatan Gandeng Mbizmarket Percepat Pengadaan Digital

BPJS Kesehatan

Bisnis, JAKARTA – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, melakukan percepatan pengadaan digital barang dan jasa melalui e-commerce mitra Toko Daring Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah Republik Indonesia (LKPP RI) untuk pengadaan barang dengan jasa kebutuhan BPJS Kesehatan dengan nilai  belanja maksimal hingga Rp100 juta per transaksi.

Pemanfaatan platform B2B e-commerce mitra toko daring LKPP ini merupakan terobosan bagi manajemen BPJS Kesehatan untuk memenuhi pengadaan barang dan jasa pemerintah yang transparan dan akuntabel sesuai dengan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Deputi Sumber Daya Sarana dan Umum BPJS Kesehatan Ifran mengatakan transformasi pengadaan digital di lingkungan BPJS Kesehatan telah dimulai sejak tahun 2020 dengan diterbitkannya Peraturan Direksi BPJS Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 yang mengatur mengenai pengadaan barang dan jasa. 

Mengacu pada Peraturan LKPP No. 9 Tahun 2021, untuk kategori barang dan jasa yang sesuai ketentuan standar, memiliki sifat resiko rendah, dan harga sudah terbentuk di pasar, pemerintah dapat memanfaatkan pengadaannya melalui Toko Daring agar pengadaan menjadi lebih cepat, mudah, transparan dan tercatat secara elektronik.  

Berdasarkan Peraturan Direksi Nomor 9 Tahun 2020 mengenai Pengadaan Barang dan Jasa, sebenarnya, pengadaan barang dan jasa secara online telah diatur mekanismenya di BPJS Kesehatan dan   mulai mengimplementasikannya pada Januari 2024 ini. 

Menurutnya, dengan bekerja sama platform e-commerce Mbizmarket yang telah menjadi Daftar Penyedia Terseleksi (DPT) ini dapat memperoleh berbagai kemudahan dalam mendapatkan barang dan jasa. 

“Selain itu, kami ingin mengatasi tantangan dan gap yang selama ini kami hadapi, khususnya dalam mendapatkan penyedia di daerah-daerah perifer, yang sangat terbatas jumlah penyedianya,” ujarnya dalam keterangan, Rabu (24/1/2024). 

Mbizmarket ingin pengadaan digital, transaksi pengadaan barang dan jasa menjadi transparan, akuntabel, efektif dan efisien. Transformasi pengadaan digital di lingkungan BPJS Kesehatan ini akan dimulai di kantor pusat, selanjutnya diimplementasikan ke seluruh kantor cabang BPJS di berbagai wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Strategi Mbizmarket Perkuat Pengadaan Barang & Jasa di Daerah


CEO & Co-Founder Mbizmarket Ryn Mulyanto Riyadi Hermawan menuturkan dengan memanfaatkan platform e-commerce mitra Toko Daring LKPP, tantangan yang dihadapi oleh BPJS Kesehatan dalam hal mendapatkan penyedia di berbagai daerah di seluruh Tanah Air termasuk daerah perifer dapat teratasi segera. 

Selain itu, mendapatkan penyedia pembanding yang menawarkan harga barang dan jasa yang dicari agar mudah dalam melakukan perbandingan. Di sisi lain, mekanisme pembayaran dapat lebih dikontrol karena juga dilakukan secara online.

“Kami sangat mengapresiasi kerja sama yang terjalin antara BPJS Kesehatan dan Mbizmarket. Kami akan mendukung BPJS Kesehatan dalam melakukan percepatan transformasi digital pengadaan barang/ jasa di kantor pusat, dan seluruh kantor cabang BPJS di Indonesia,” katanya. 

Mbizmarket akan memastikan ketersediaan penyedia, berikut pembandingnya yang menawarkan barang dan jasa yang dibutuhkan, di setiap daerah di mana BPJS Kesehatan beroperasi. 

Dengan infrastruktur pembayaran online yang ringkas dan mudah yang dimiliki dan telah terkoneksi dengan banyak bank dan berbagai fitur pembayaran, pihaknya yakin hal ini akan mempermudah bendahara di BPJS Kesehatan dalam melakukan pembayaran atas barang/ jasa yang dipesan. 

Selain itu, pihkanya akan memberikan benefit lain kepada BPJS Kesehatan dalam hal  konsolidasi pembayaran tagihan PLN gedung-gedung kantor BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia. 

Selain kemudahan dalam administrasi pembayaran PLN, juga akan memberikan rabat atas tagihan pembayaran PLN yang dilakukan melalui Mbizmarket. 

“Kita patut memberikan apresiasi atas transformasi digital pengadaan barang dan jasa di BPJS Kesehatan. Kita berharap transformasi pengadaan digital barang dan jasa kebutuhan pemerintah, seperti yang telah dilakukan di BPJS Kesehatan, dapat direplikasi di BPJS Ketenagakerjaan, dan lembaga-lembaga non-kementerian lainnya di tanah air,” tutur Ryn. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.