BRI Life Bayar Klaim Asuransi Rp5,59 Triliun pada 2023

Realisasi pembayaran klaim asuransi BRI Life bertumbuh 10,59% sepanjang 2023.

Redaksi

1 Feb 2024 - 11.27
A-
A+
BRI Life Bayar Klaim Asuransi Rp5,59 Triliun pada 2023

Logo BRI Life./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - PT Asuransi BRI Life mencatatkan realisasi pembayaran klaim dan manfaat kepada para nasabahnya dan telah membayarkan klaim dan manfaat senilai Rp5,59 triliun sepanjang 2023.

Direktur Operasional BRI Life Yossie William Iroth menyampaikan bahwa angka pembayaran klaim dan manfaat BRI Life meningkat 10,59% dibandingkan dengan realisasi pembayaran klaim per Desember 2022 yang tercatat mencapai Rp5,05 triliun.

BRI Life mencatat, pertumbuhan klaim dan manfaat sepanjang tahun 2023 berdasarkan kanal; kanal distribusi meningkat 4,17%, kanal inbranch juga meningkat sebesar 23,99%, begitu juga dengan kanal corporate yang bertumbuh sebesar 15,96%, sedangkan klaim kanal alternate dan agency terkoreksi masing-masing sebesar 12,51% dan 22,04%. Sementara klaim terbesar yang dibayarkan adalah klaim meninggal dunia dari kanal distribusi asuransi jiwa kredit.

Yossie mengatakan BRI Life terus berupaya mengoptimalkan waktu pembayaran klaim dan manfaat sesegera mungkin. Saat ini, realisasi Service Level Agreement (SLA) pembayaran klaim dan manfaat mencapai 98%.

Klaim dan manfaat telah dapat dibayarkan kepada nasabah dalam waktu maksimal 5 hari kerja produk non unit link dan 9 hari kerja untuk produk unit link, sementara untuk asuransi mikro klaim telah dibayarkan  dalam waktu maksimal 3 hari kerja.

“Pembayaran klaim dan manfaat yang tepat waktu ini dijanjikan oleh BRI Life kepada nasabah dengan catatan klaim yang diajukan clear case [tidak memerlukan investigasi] dan kelengkapan dokumen yang disubmit telah sesuai dengan  prosedur. Hal ini menjadi bukti komitmen BRI Life untuk senantiasa memberikan benefit yang terbaik dan pemenuhan janji kami kepada nasabah,” kata Yossie, dikutip Kamis (1/2/2024). 

Melalui upaya optimalisasi waktu atas klaim dan manfaat yang dibayarkan tersebut, BRI Life berharap nasabah merasa puas dan nyaman untuk mempercayai BRI Life sebagai perusahaan asuransi yang  dapat diandalkan dalam memproteksi diri maupun keluarga mereka.

Baca Juga : Menakar Asa Kebangkitan Laju Pertumbuhan Simpanan Bank 2024 

Jajaran direksi BRI Life./Istimewa

BRI Life memfokuskan strategi investasi pada tahun Naga Kayu 2024 pada instrumen investasi ke Surat Utang Negara (SUN). Perusahaan mendorong portofolio SUN mendekati 80% dari total keseluruhan investasi tahun ini. 

“Kami masih sama, sebagian besar komposisinya di SUN. Dan kedepannya akan sama mungkin mendekati 80%,” kata Plt. Direktur Utama BRI Life I Dewa Gede Agung. 

Selain SUN, BRI Life juga menempatkan instrumen investasi pada reksadana dan pasar uang. Dewa menyebut bahwa komposisi penempatan tersebut berbeda dengan kondisi pada industri asuransi jiwa yang dominan menempatkan dalam komponen SUN dan saham.

Baca Juga : Polemik Bayar Kuliah ITB Menggunakan Pinjol DanaCita 

Dewa memastikan bahwa BRI Life dalam melakukan kegiatan investasinya menerapkan prinsip aman. Selain itu juga tetap bersifat likuid dan bisa mendukung profitabilitas perseroan. 

“Pengelolaan balance sheet yang profesional dan accountable berdasarkan prinsip kehati-hatian diperlukan untuk memberikan keuntungan dan manfaat optimal bagi seluruh pihak yang berkepentingan,” ungkapnya. 

Mengutip laporan posisi keuangan unaudited perusahaan, per kuartal I/2023 komposisi investasi terbesar didominasi oleh surat berharga yang diterbitkan oleh negara RI. Investasi jenis ini mencapai Rp8,85 triliun, tumbuh 45% secara yoy dari posisi sebelumnya Rp6,10 triliun. 

Selanjutnya, investasi pada saham terpantau tumbuh lima kali lipat mencapai Rp2,73 triliun pada kuartal I/2023 dari posisi pada kuartal I/2023 sebesar Rp406,57 miliar. Kala itu, perseroan membukukan laba setelah pajak tumbuh 80% secara tahunan (year-on-year/yoy) sebesar Rp112,23 miliar.(Pernita Hestin Untari, Rinaldi Azka)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.