BRI Life Catat Laba Naik 55,5% Sepanjang 2023

BRI Life berhasil mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 55,5% dari Rp344,2 miliar pada 2022 menjadi Rp535,2 miliar pada 2023.

Redaksi

24 Jan 2024 - 00.18
A-
A+
BRI Life Catat Laba Naik 55,5% Sepanjang 2023

Ilustrasi logo BRI Life./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Lini bisnis asuransi grup perbankan BUMN, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Asuransi BRI Life (BRI Life), mencatatkan pertumbuhan laba bersih signifikan hingga 55,5% sepanjang 2023.

BRI Life berhasil mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 55,5% dari Rp344,2 miliar pada 2022 menjadi Rp535,2 miliar pada 2023. Dengan pencapaian Annualized Premium Equivalent (APE) pada 2024 sebesar Rp3,08 triliun.

Plt. Direktur Utama BRI Life I Dewa Gede Agung menyampaikan bahwa dukungan dari para pemegang saham, dalam hal ini Bank BRI dalam melakukan penetrasi nasabah dengan tranformasi digital, serta dukungan dari FWD melalui expertise pengelolaan risiko asuransi jiwa, menjadi faktor utama dalam mencapai kinerja terbaik seluruh Insan BRI Life.

“Melalui value preposition “Beri Ketenangan”, BRI Life terus mengembangkan Budaya AKHLAK dengan menekankan Amanah sebagai pondasi utama dalam melakukan pekerjaan, mampu mengelola waktu sesuai kebutuhan serta senantiasa proactive dalam berkolaborasi dengan berbagai pihak sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi nasabah," katanya, Rabu (24/1/2024).

Pada 2024, BRI Life fokus pada memenuhan kebutuhan perlindungan asuransi jiwa bagi seluruh segmen yang ada, dengan penyediaan produk proteksi (jiwa/Kesehatan) dan investasi.

Baca Juga : BCA Life Catatkan Premi Sebesar Rp1,6 Triliun Sepanjang 2023 

Lebih jauh, manajemen BRI Life melakukan Rapat Kerja Nasional (Rakernas), manajemen BRI Life mendorong seluruh Brilifers Tangguh di BRI Life memetik Pelajaran dari 2023, memahami strategi yang akan dilakukan sehingga mampu mengeksekusi untuk melampaui target yang telah ditetapkan di tahun 2024.

Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang juga sebagai Direktur Pembina, Handayani menyampaikan Bank BRI sebagi induk perusahaan terus berupaya meningkatkan kemampuan mencapai keberlanjutan usaha BRI Grup.

”Melalui Rakernas ini manajemen berharap BRI Life akan senantiasa meningkatkan sinergi BRI Group serta optimum use of capital untuk mewujudkan BRI Life menjadi perusahaan asuransi jiwa dengan market share tertinggi di Indonesia,” urainya.

Fokus Surat Utang

BRI Life memfokuskan strategi investasi pada tahun Naga Kayu 2024 pada instrumen investasi ke Surat Utang Negara (SUN). Perusahaan mendorong portofolio SUN mendekati 80% dari total keseluruhan investasi tahun ini. 

“Kami masih sama, sebagian besar komposisinya di SUN. Dan kedepannya akan sama mungkin mendekati 80%,” kata Plt. Direktur Utama BRI Life I Dewa Gede Agung saat dihubungi Bisnis, Jumat (5/1/2024). 

Selain SUN, BRI Life juga menempatkan instrumen investasi pada reksadana dan pasar uang. Dewa menyebut bahwa komposisi penempatan tersebut berbeda dengan kondisi pada industri asuransi jiwa yang dominan menempatkan dalam komponen SUN dan saham.

Baca Juga : Ramai-Ramai Bank Tutup Kantor Cabang

Dewa memastikan bahwa BRI Life dalam melakukan kegiatan investasinya menerapkan prinsip aman. Selain itu juga tetap bersifat likuid dan bisa mendukung profitabilitas perseroan. 

“Pengelolaan balance sheet yang profesional dan accountable berdasarkan prinsip kehati-hatian diperlukan untuk memberikan keuntungan dan manfaat optimal bagi seluruh pihak yang berkepentingan,” ungkapnya. 

Mengutip laporan posisi keuangan unaudited perusahaan, per kuartal I/2023 komposisi investasi terbesar didominasi oleh surat berharga yang diterbitkan oleh negara RI. Investasi jenis ini mencapai Rp8,85 triliun, tumbuh 45% secara yoy dari posisi sebelumnya Rp6,10 triliun. 

Selanjutnya, investasi pada saham terpantau tumbuh lima kali lipat mencapai Rp2,73 triliun pada kuartal I/2023 dari posisi pada kuartal I/2023 sebesar Rp406,57 miliar. Kala itu, perseroan membukukan laba setelah pajak tumbuh 80% secara tahunan (year-on-year/yoy) sebesar Rp112,23 miliar.(Pernita Hestin Untari, Rinaldi Azka)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.