Bujuk Rayu Reindustrialisasi

Perkara impor bahan baku dan penolong menjadi strategi berikutnya pemerintah merayu pelaku manufaktur kembali meningkatkan kinerjanya demi meningkatkan porsi industri pengolahan sebagai mesin pertumbuhan.

Tegar Arief Fadly

3 Okt 2023 - 09.54
A-
A+
Bujuk Rayu Reindustrialisasi

Ilustrasi aktivitas manufaktur,/BISNIS

Bisnis, JAKARTA - Terkikisnya porsi industri pengolahan alias manufaktur dalam struktur produk domestik bruto menjadi alarm terhadap ketahanan ekonomi nasional. Segala upaya pun ditempuh pemangku kebijakan untuk mewujudkan reindustrialisasi.

Termutakhir, pemerintah melonggarkan ketentuan importasi bahan baku dan penolong melalui Peraturan Pemerintah (PP) No. 46/2023 tentang Perubahan atas PP No. 28/2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perindustrian.

Ada banyak substansi yang diubah maupun dihapus dalam beleid itu, yang kesemuanya mengarah pada relaksasi atau pelonggaran syarat maupun ketentuan impor bahan baku dan penolong, kebutuhan utama manufaktur nasional.

Misalnya, pemerintah tetap menjadikan pelaku usaha sebagai pihak tunggal yang berhak mengajukan usulan atas rencana kebutuhan bahan baku dan/atau penolong, termasuk soal impor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

Bujuk Rayu Reindustrialisasi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.