Buka Kembali PR BPJS Kesehatan Soal Kenaikan Iuran & Kepesertaan

Kenaikan iuran Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan belakang ini masih menjadi perhatian berbagai kalangan. Hal tersebut dapat menjadi salah satu tantangan bagi lembaga untuk mencapai cakupan kepesertaan semesta, apalagi kepesertaan saat ini tidak sepenuhnya aktif.

Rika Anggraeni & Asteria Desi Kartikasari

2 Okt 2023 - 17.54
A-
A+
Buka Kembali PR BPJS Kesehatan Soal Kenaikan Iuran & Kepesertaan

Karyawan di salah satu berada kantor cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jakarta, Selasa (12/7/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA— Kenaikan iuran Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan belakang ini masih menjadi perhatian berbagai kalangan. Hal tersebut dapat menjadi salah satu tantangan bagi lembaga untuk mencapai cakupan kepesertaan semesta, apalagi kepesertaan saat ini tidak sepenuhnya aktif. 

Cakupan kepesertaan semesta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ditargetkan dapat mencapai 98 persen pada 2024. Target kepesertaan ini sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah nasional (RPJMN) 2020-2024 yang dicanangkan pemerintah.Adapun, dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 36 Tahun 2023 tentang Peta Jalan Jaminan Sosial 2023-2024 dijelaskan bahwa tujuan kepesertaan program JKN menurut segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) sebesar 111 juta pada 2023.

“Sekarang yang dianggarkan sebenarnya 96,8 juta, tapi rata-rata sekitar 95 juta,” kata Ghufron dalam Pertemuan Nasional Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan Tahun 2023 di Jakart, Senin (2/10/2023).

Sedangkan pada 2024, segmen PBI harus mencapai 113 juta kepesertaan. Tercatat, per 1 September 2023, Ghufron menyampaikan bahwa cakupan kepesertaan JKN mencapai lebih dari 262,74 juta jiwa atau 94,60 persen dari total seluruh penduduk.“Ini merupakan bukti nyata dari upaya bersama untuk menghadirkan perlindungan kesehatan bagi masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Buka Kembali PR BPJS Kesehatan Soal Kenaikan Iuran & Kepesertaan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.