BUMN Forum 2024 Soroti Kontribusi BUMN untuk Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

Peran strategis BUMN dalam ekosistem ekonomi nasional ini pula yang menjadi pembahasan dalam acara Bisnis Indonesia BUMN Forum 2024 yang diselenggarakan oleh Bisnis Indonesia pada hari ini, Selasa (30/4/2024).

Lukman Nur Hakim

30 Apr 2024 - 12.32
A-
A+
BUMN Forum 2024 Soroti Kontribusi BUMN untuk Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

Presiden Komisaris Bisnis Indonesia Group Hariyadi B. Sukamdani memberikan kata sambutan saat acara Bisnis Indonesia BUMN Forum 2024 di Jakarta, Selasa (30/4/2024). JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA — ‘Penguatan Kontribusi BUMN untuk Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan’ menjadi salah satu isu yang saat ini banyak dibicarakan di forum-forum internasional, terutama Infrastructure Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). 

Hal itu sejalan dengan peran strategis Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam perekonomian nasional. BUMN tidak hanya dituntut untuk menghasilkan keuntungan, tetapi juga berkontribusi dalam pembangunan ekonomi dan sosial yang berkelanjutan.

Peran strategis BUMN dalam ekosistem ekonomi nasional ini pula yang menjadi pembahasan dalam acara Bisnis Indonesia BUMN Forum 2024 yang diselenggarakan oleh Bisnis Indonesia pada hari ini, Selasa (30/4/2024).

Hariyadi Sukamdani, Presiden Komisaris Bisnis Indonesia, mengungkapkan bahwa dalam 5 tahun terakhir transformasi BUMN menghasilkan catatan yang positif. Tidak hanya berhasil mencatat aset tertingi sepanjang sejarah yang mencapi Rp10.000 triliun pada November 2023, BUMN juga menunjukkan peningkatan efisiensi dan efektifitas operasional melalui perampingan struktur dari 74 menjadi 65 perusahaan. 

Hariyadi menilai transformasi tersebut mencerminkan dedikasi terhadap prinsip yang disampaikan BUMN yaitu AKHLAK dan komitmen untuk memajukan perekonomian nasional serta kesejahteraan masyarakat. “Kami yakin capaian tersebut baru titik awal untuk mencapai realisasi capaian monumental lainnya,” kata Hariyadi dalam sambutannya di Bisnis Indonesia BUMN Forum 2024, Selasa (30/4/2024).

Lebih lanjut, dia mengatakan peran BUMN dalam mendukung pembangunan berkelanjutan menjadi agenda yang terus berkembang. BUMN kini tidak hanya fokus pada keuntungan tetapi juga kontribusinya terhadap pembangunan sosial dan lingkungan.

“Hal ini tecermin dari langkah BUMN dalam mengembangkan energi bersih, mengurangi emisi karbon, dan melaksanakan program CSR yang berdampak langsung terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat,” tuturnya.

Baca juga:

BUMN Forum 2024; Transformasi Menghasilkan Kinerja Apik

Menanti Korporasi BUMN Berekspansi

Temuan Tata Kelola Lemah BUMN Masih Sering Terabaikan

Oleh karena itu, Bisnis Indonesia sebagai media ekonomi terbesar di Indonesia berinisiatif melaksanakan Bisnis Indonesia BUMN Forum 2024 dengan tema penguatan kontribusi BUMN untuk pembangunan ekonomi berkelanjutan

Dalam forum ini, turut hadir pihak regulator hingga akademisi, untuk mendiskusikan dan merumuskan langkah-langkah strategis yang akan memastikan bahwa BUMN tidak hanya bertahan dalam tantangan global tetapi juga aktif dalam mempromosikan praktik bisnis yang berkelanjutan.

“Kami harap lewat forum ini, peran BUMN akan semakin kuat dan kita memastikan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan bertanggung jawab,” tuturnya.


Sejalan dengan itu, Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Hattari menegaskan bahwa Kementerian BUMN berkomitmen untuk terus memperkuat peran strategis BUMN dalam ekonomi berkelanjutan. “BUMN-BUMN dunia tidak hanya BUMN Indonesia, isu sustainability sangat penting,” ujarnya.

Oleh karena itu, imbuhnya, Kementerian BUMN harus membuat regulasi yang memastikan bahwa perusahaan-perusahaan BUMN di Tanah Air mengikuti international base practice. “Kementerian BUMN akan memastikan efektivitas peranan BOD dan BOC dalam meningkatkan keterbukaan dan transparansi sebagai wujud responsible bussiness conduct. Ini merupakan tanggung jawab kami sebagai bagian dari society, bukan bagian dari pemerintah,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.