Bunga Acuan Naik, Profitabilitas Bank Besar Tetap Kebal

Profitabilitas bank-bank besar diperkirakan bakal tetap solid hingga akhir tahun ini, meski suku bunga acuan meningkat. Namun, tantangan akan mulai terasa pada tahun depan.

Emanuel Berkah Caesario

27 Okt 2022 - 18.00
A-
A+
Bunga Acuan Naik, Profitabilitas Bank Besar Tetap Kebal

Ilustrasi bunga bank. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia yang terjadi selama 3 bulan terakhir diyakini tidak akan mengganggu kinerja bank-bank besar secara signifikan hingga akhir tahun ini. Kinerja ciamik yang berhasil dibukukan hingga September 2022 masih bisa dipertahankan hingga akhir tahun.

Sejauh ini, sudah ada tiga bank dalam Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) 4 yang telah merilis kinerja keuangannya untuk periode 30 September 2022, yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI).

Tinggal PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) dari kelompok ini yang hingga kini belum menerbitkan laporan kinerja keuangannya untuk periode 9 bulan 2022.

Berdasarkan laporan keuangan masing-masing bank, profitabilitas ketiganya terlihat sangat baik, terutama karena ditopang oleh peningkatan signifikan permintaan kredit tahun ini. Peningkatan ini terjadi seiring dengan pulihnya aktivitas ekonomi dan pelonggaran mobilitas masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Bunga Acuan Naik, Profitabilitas Bank Besar Tetap Kebal

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.