Bunga BI Naik, Bank Beramai-Ramai Pacu Dana Simpanan Murah

Naikanya suku bunga acuan Bank Indonesia bakal berdampak pada naiknya beban biaya dana atau cost of fund perbankan. Di tengah kondisi ini, sejumlah bank berencana untuk memacu porsi dana murah mereka untuk menekan beban tersebut.

Emanuel Berkah Caesario
Sep 14, 2022 - 12:21 PM
A-
A+
Bunga BI Naik, Bank Beramai-Ramai Pacu Dana Simpanan Murah

Suku bunga. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Kalangan perbankan bakal memacu porsi dana murah yang terdiri atas tabungan dan giro (current account saving account) di tengah ancaman kenaikan biaya dana atau cost of fund akibat naiknya suku bunga acuan Bank Indonesia.

Cepat atau lambat, dampak kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia dalam sebulan terakhir terhadap dinamika bisnis bank bakal segera terasa. Oleh karena itu, bank-bank pun mulai mempersiapkan strategi untuk menghadapi hal tersebut.

Keputusan bank sentral mengerek suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) adalah sebagai langkah pre-emptive dan forward looking untuk memitigasi risiko peningkatan inflasi inti dan ekspektasi inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi dan inflasi volatile food.

Tak hanya itu, keputusan tersebut juga dilakukan untuk memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah agar sejalan dengan nilai fundamentalnya. Sebab, hingga kini ketidakpastian pasar keuangan global masih sangat tinggi, sedangkan pertumbuhan ekonomi domestik justru semakin kuat.

Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Bunga BI Naik, Bank Beramai-Ramai Pacu Dana Simpanan Murah

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ