Bunga Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Lebih Rendah dari WHOOSH

Pemerintah mempunyai kiat-kiat khusus yang berasal dari pengalaman saat membangun proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Dwi Rachmawati

27 Jan 2024 - 20.07
A-
A+
Bunga Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Lebih Rendah dari WHOOSH

Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) saat berada di Stasiun KCJB Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Bisnis/Rachman

Bisnis, JAKARTA –  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim biaya bunga proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya bakal lebih rendah dari proyek kereta cepat Jakarta-Bandung WHOOSH.

“Kita bicara soal bunganya. Kita berangkat dari pengalaman Jakarta-Bandung, pasti kita lebih murah," ujar Luhut di Kantornya, Jumat (26/1/2024).

Luhut mengatakan, untuk proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya, pemerintah mempunyai kiat-kiat khusus yang berasal dari pengalaman saat membangun proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Baca juga: Strategi MRT Jakarta Raup Peningkatan Volume Penumpang di 2024

Misalnya persoalan yang menyangkut pembebasan tanah dan pembangunan terowongan memakan biaya lebih besar.

"Dulu masalah tanah, sekarang kita sudah tahu nih kiat-kiatnya. Terowongan seminimum mungkin bikin terowongan misalnya," jelas Luhut.

Adapun saat ini, kata Luhut, studi kelayakanan proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya tengah berlangsung. Namun, Luhut belum bisa memastikan berapa besar investasi yang dibutuhkan untuk proyek tersebut. "Nilai investasi belum tahu," ucapnya.


Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bisnis/Ni Luh Anggela.

Berdasarkan catatan Bisnis, Kamis (25/1/2024), Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menuturkan pihaknya tengah membahas perpanjangan proyek kereta cepat dengan pihak-pihak terkait seperti Kementerian Perhubungan hingga Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Dia mengatakan, untuk tahap awal perpanjangan kereta cepat, pemerintah rencananya akan membangun jalur hingga ke Yogyakarta terlebih dahulu.

"Ada kemungkinan jalurnya dibangun sampai Yogyakarta dulu. Kalau sampai Surabaya langsung mungkin masalahnya di waktu dan biaya," kata Dwiyana di Kompleks Parlemen, Jakarta pada Kamis (25/1/2024).

Baca juga: Luhut Jamin Bunga Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Lebih Rendah dari WHOOSH

Adapun, Dwiyana enggan memperinci daerah mana saja yang akan dilintasi trase atau jalur kereta cepat Surabaya. Dia mengatakan, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi tindakan para spekulan yang akan menaikkan harga tanah.

Dwiyana melanjutkan, KCIC akan memastikan studi yang dilakukan sebelum pengerjaan fisik proyek dimulai akan dilakukan dengan optimal. Hal tersebut mencakup penentuan jalur hingga studi kelayakan (feasibility study).

“Kita punya banyak pengalaman dari Kereta Cepat Jakarta Bandung. Harusnya hasilnya akan lebih baik untuk perpanjangan jalur ke Yogyakarta dan Surabaya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.