Bunga Simpanan Tinggi Bank Digital dan Tantangan Pemburukan NPL

Meski tidak melarang bank untuk memberikan bunga simpanan yang tinggi, LPS mewanti-wanti bank untuk transparan kepada nasabahnya tentang batasan penjaminan yang diberikan LPS. Bank pun akan makin rentan bermasalah ketika bunga simpanan terlalu tinggi dan beban NPL meningkat.

Tim Redaksi

30 Mei 2024 - 14.30
A-
A+
Bunga Simpanan Tinggi Bank Digital dan Tantangan Pemburukan NPL

Bisnis, JAKARTA — Persaingan di kalangan sejumlah bank, terutama bank digital, dalam memikat nasabah penabung melalui bunga simpanan yang tinggi, membangkitkan kekhawatiran, terutama di tengah ancaraman peningkatan kredit bermasalah saat ini.

Bank Indonesia sebelumnya telah kembali menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 bps pada April 2024 lalu menjadi 6,25%. Di sisi lain, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) masih mempertahankan suku bunga penjaminan di level 4,25% untuk bank umum. 

Sementara itu, tingkat bunga penjaminan simpanan rupiah di BPR adalah 6,75%, sedangkan tingkat bunga penjaminan simpanan valuta asing pada bank umum sebesar 2,25%. Ketentuan ini berlaku pada periode 1 Juni hingga 30 September 2024.

Itu berarti, meskipun bunga kredit dan simpanan bank umum akan meningkat mengikuti BI Rate, selama bunga LPS tidak meningkat, besaran bunga simpanan bank umum tidak boleh melewatinya jika ingin tetap mendapatkan penjaminan LPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.