Free with Login

Bunga, Volatilitas & Daya Beli

Berbagai konflik dan peningkatan tensi geopolitik yang menyebabkan distrupsi rantai pasok global telah menjadi sumber utama peningkatan harga-harga. Meski demikian, kita juga perlu mempertimbangkan bahwa hal ini tidak akan selamanya (high for longer, but not forever).

Akbar Suwardi & Bhayu Purnomo

10 Mei 2024 - 08.08
A-
A+
Bunga, Volatilitas & Daya Beli

Di tengah masih tingginya inflasi dan suku bunga acuan berbagai negara, Bank Indonesia (BI) dalam putusan Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan April 2024 menaikkan suku bunga acuan (BI7DRR) menjadi 6,25%. Kenaikan suku bunga terakhir dilakukan BI 7 bulan yang lalu pada September 2023.

Dirunut lebih jauh, kondisi saat ini merupakan rangkaian penyesuaian suku bunga acuan yang dilakukan BI sejak Agustus 2022 di mana pada waktu itu BI7DRR hanya sebesar 3,50%. Dalam keputusannya di April 2024, terdapat dua hal yang menjadi trigger utama BI yaitu menjaga stabilitas rupiah sebagai respons kondisi global dan sebagai langkah pre-emptive dan forward looking memastikan inflasi domestik tetap dalam rentang sasaran.

Dari sisi arus modal, pasar keuangan Indonesia juga mencatat arus modal keluar baik di pasar modal maupun pasar surat utang. Di sisi lain, tingkat inflasi yang persisten tinggi di hampir seluruh dunia telah mendorong banyak negara utama mempertahankan kebijakan suku bunga tinggi.

Berbagai konflik dan peningkatan tensi geopolitik yang menyebabkan distrupsi rantai pasok global telah menjadi sumber utama peningkatan harga-harga. Meski demikian, kita juga perlu mempertimbangkan bahwa hal ini tidak akan selamanya (high for longer, but not forever). Situasi geopolitik adalah hal yang cair dimana kebijakan dapat bergerak menuju suatu titik keseimbangan baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.