Buntut Panjang Aksi Boikot Produk Israel

Aksi boikot terhadap sejumlah produk sebagai imbas dari ketegangan antara Israel dan kelompok Hamas di Palestina berbuntut panjang. Penurunan penjualan yang dirasakan oleh pelaku ritel bisa berujung pada pemutusan hubungan kerja.

Redaksi

16 Nov 2023 - 11.39
A-
A+
Buntut Panjang Aksi Boikot Produk Israel

Ilustrasi produk kemasan yang diboikot karena berkaitan dengan Israel./BISNIS

Bisnis, JAKARTA — Aksi boikot terhadap sejumlah produk sebagai imbas dari ketegangan antara Israel dan kelompok Hamas di Palestina berbuntut panjang. Penurunan penjualan yang dirasakan oleh pelaku ritel bisa berujung pada pemutusan hubungan kerja.

Seruan untuk memboikot produk yang dinilai mendukung aksi Israel menginvasi Palestina telah memberikan dampak negatif terhadap penjualan ritel. Pelaku ritel mengaku telah mengalami penurunan penjualan hingga 4% sejak ajakan tersebut disampaikan secara luas.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia Roy Nicholas Mandey mengatakan bahwa aksi boikot terhadap produk tertentu bisa berdampak buruk terhadap kinerja ritel di dalam negeri. Dia pun mengkhawatirkan penurunan penjualan yang telah terjadi di sejumlah daerah akibat aksi tersebut.

Alasannya, sebagian besar produk yang diboikot adalah fast moving consumer goods (FMCG) yang menyumbang 80% penjualan ritel. Segmen tersebut juga berkontribusi hingga 20% terhadap pendapatan sejumlah ritel di dalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.