Buntut Skandal Lima Produsen Otomotif Raksasa Jepang

Kementerian Transportasi Jepang telah memerintahkan penghentian pengiriman bagi lima produsen utama otomotif setelah ditemukan bukti manipulasi uji keamanan kendaraan.

Nindya Aldila

4 Jun 2024 - 20.21
A-
A+
Buntut Skandal Lima Produsen Otomotif Raksasa Jepang

Presiden Toyota Motor Corp Akio Toyoda (kiri) pada 12 OKtober 2016./Reuters

Bisnis, JAKARTA - Sejumlah produsen utama otomotif Jepang harus menghentikan penjualannya setelah dinyatakan memalsukan sertifikasi standar keamanan oleh Kementerian Transportasi. 

Kelimanya adalah Toyota Motor, Honda Motor, Mazda Motor, Suzuki, dan Yamaha. Mereka terbukti memberikan data pengujian keselamatan yang dimanipulasi saat mengajukan sertifikasi kendaraan. 

Temuan ini berawal dari skandal uji keamanan Daihatsu yang terungkap lebih dulu yang dilanjutkan oleh pengajuan investigasi Toyota. 

Pada kasus Toyota, perusahaan diduga menyerahkan data yang salah selama uji keselamatan pejalan kaki untuk tiga model, yakni Corolla Fielder, Corolla Axio dan Yaris Cross. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.