Bursa Calon Menkeu Pengganti Sri Mulyani, Siapa Paling Kaya?

Calon anggota kabinet Prabowo Subianto yang mengisi posisi menteri keuangan mulai mengerucut pada 4 nama. Semuanya sudah berkiprah di sektor finansial RI, tetapi tak ada nama Menteri Keuangan petahana Sri Mulyani.

Annasa Rizki Kamalina

3 Mar 2024 - 11.00
A-
A+
Bursa Calon Menkeu Pengganti Sri Mulyani, Siapa Paling Kaya?

Empat calon Menkeu Kabinet Prabowo: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar, dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Royke Tumilaar./BISNIS

Bisnis, JAKARTA – Bursa nama calon menteri keuangan (Menkeu) kabinet Prabowo Subianto, yang unggul dalam Real Count Pemilu 2024, telah muncul. Namun, tak ada nama petahana Sri Mulyani Indrawati dalam daftar tersebut. 

Melansir dari Bloomberg, Minggu (3/3/2024), empat nama yang muncul sebagai calon Menkeu merupakan para bankir yang kini memiliki jabatan penting di Indonesia. 

Nama-nama yang muncul, yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar, dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Royke Tumilaar. 

Meski tercatat semuanya laki-laki, namun sumber mengatakan bahwa susunan tim sukses Prabowo-Gibran saat ini tidak menutup kemungkinan adanya perubahan nama. 

Sebagaimana diketahui, Menkes Budi Gunadi merupakan mantan Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI) periode 2013-2016.

Bukan hanya Budi Gunadi, namun Kartika Wirjoatmodjo dan Royke Tumilaar juga merupakan mantan direktur utama Bank Mandiri. 

Berbeda dengan orang nomor 1 di OJK, Mahendra yang merupakan lulusan ekonomi di Universitas Indonesia pernah menjabat sebagai wakil menkeu di bawah mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono antara tahun 2011 dan 2013.  

Baca Juga : 'Omon-omon' Pereda Gejolak Harga Pangan 

Berdasarkan informasi dari narasumber yang enggan disebutkan namanya oleh Bloomberg, keempat nama tersebut dipandang paling cocok untuk peran tersebut karena keahlian keuangan mereka serta kepemimpinan yang efektif. 

Adapun dari sumber yang enggan disebutkan namanya itu, rencana pembentukan kabinet ini masih berada pada tahap awal, dan baru akan diperdalam ketika Prabowo-Gibran resmi dinyatakan sebagai pemenang oleh KPU pada 20 Maret 2024 mendatang. 

Di sisi lain terkait transisi pemerintah dari Jokowi ke presiden selanjutnya, Sri Mulyani Indrawati telah menegaskan belum ada komunikasi dengan calon pemimpin Negara selanjutnya. 

Dirinya enggan merespon terkait kelanjutan pemerintahan ke depan, namun fokus mengurus keuangan Indonesia yang masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).  

"Nanti itu [urusan transisi pemerintahan] biar bapak Presiden lah ya, aku nggak [ikut campur] lah, aku urusin APBN aja," ujarnya kepada wartawan ketika ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2024).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang sudah menjabat posisi tersebut dalam tiga periode./ANTARA

Daftar Kekayaan

Melihat Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2022 milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Budi Gunadi Sadikin menjadi nama yang paling tajir dengan harta kekayaan mencapai Rp182,42 miliar. Sedangkan Mahendra tercatat memiliki kekayaan paling sedikit, yakni Rp22,6 miliar pada LHKPN 2022. 

Berikut LHKPN Calon Menkeu pengganti Sri Mulyani

1. Budi Gunadi Sadikin - Rp182,41 miliar

Petahana Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memiliki kekayaan enam unit tanah dan bangunan senilai Rp99 miliar yang tersebar di Jakarta Selatan, Bandung, dan Bekasi. 

Lulusan fisika nuklir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut melaporkan memiliki tiga unit kendaraan roda empat yang ditotal nilainya mencapai Rp850 juta. Terdiri dari Mercedes Benz E 300 Sedan Tahun 2012, Mini Cooper Sedan Tahun 2012, dan Mazda 2 All New Skyactiv R AT Tahun 2015.  

Harta lainnya dirinya simpan mayoritas di surat berharga yang mencapai Rp71,7 miliar. Budi tercatat tidak memiliki utang.

2. Mahendra Siregar - Rp22,6 miliar

Mahendra memiliki LHKPN paling singkat di antara bursa nama calon menkeu di kabinet Prabowo. Dirinya melaporkan mempunyai lima unit tanah dan bangunan senilai Rp10,22 miliar yang tersebar di Bogor, Jakarta, hingga Bali. 

Mahendra tidak mencantumkan memiliki alat transportasi. Sementara kekayaan lainnya berada di harta bergerak lainnya senilai Rp1,9 miliar, surat berharga Rp4,46 miliar, serta kas dan setara kas Rp6,02 miliar. Dirinya tercatat tidak memiliki utang. 

Baca Juga : The Fed Ancang-ancang Pangkas Suku Bunga Tiga Kali 

3. Kartika Wirjoatmodjo - Rp110,34 miliar

Harta kekayaan milik Wakil Menteri BUMN II tersimpan dalam bentuk empat unit tanah dan bangunan senilai Rp66,12 miliar di Jakarta dan Malang. 

Berbeda dengan yang lain, Tiko, sapaannya, memiliki harta berupa alat transportasi seperti mobil dan sepeda yang nilainya mencapai Rp5,66 miliar. Termahal, mobil Land Rover Defender Tahun 2022 senilai Rp3,17 miliar. 

Sementara itu harta bergerak lainnya senilai Rp2,19 miliar, surat berharga Rp24,21 miliar, serta kas dan setara kas sejumlah Rp12,42 miliar. Tiko tercatat memiliki utang senilai Rp272,52 juta. 

4. Royke Tumilaar -  Rp131,82 miliar

Harta kekayaan dari alumni Universitas Trisakti ini sebagian besar berada di tanah dan bangunan yang berjumlah sembilan unit senilai Rp111,63 miliar. 

Tak tanggung-tanggung, kendaraan yang dirinya miliki berjumlah 10 unit yang ditaksir mencapai Rp13,93 miliar. Paling mahal, Merc Benz G63AT Tahun 2022 yang seharga Rp7,2 miliar. 

Harta lainnnya tersimpan dalam harta bergerak lainnya Rp4,24 miliar, surat berharga Rp19,61 miliar, serta kas dan setara kas Rp12,19 miliar. Royke tercatat memiliki utang senilai Rp29,78 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.