Bus Anti-Covid-19 Meliuk di Rute Yogya-Jakarta. Ini Fiturnya

Bus didesain dengan konsep jaga jarak antara kursi penumpang satu dengan lainnya sesuai dengan anjuran pemerintah. Bus juga dilengkapi dengan sistem penyaringan udara secara linear, ultraviolet, dan hepa filter.

Rahmi Yati

22 Nov 2021 - 17.09
A-
A+
Bus Anti-Covid-19 Meliuk di Rute Yogya-Jakarta. Ini Fiturnya

PO Sumber Alam meluncurkan prototipe bus anti-Covid-19./Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Perusahaan Otobus (PO) Sumber Alam mengoperasikan bus ‘anti-Covid-19’ di rute Yogyakarta-Jakarta sebagai respons terhadap penerapan protokol kesehatan di moda transportasi darat.

Bus itu didesain dengan konsep jaga jarak antara kursi penumpang satu dengan lainnya sesuai dengan anjuran pemerintah. Bus juga dilengkapi dengan sistem penyaringan udara secara linear, ultraviolet, dan hepa filter.

Pemilik PO Sumber Alam Anthony Steven Hambali mengatakan satu-satunya unit prototipe itu itu beroperasi sejak semester II/2020 dengan tarif Rp160.000, termasuk servis makan.

“Saat ini memang belum bisa tarif premium karena masyarakat masih belum banyak yang paham," katanya, Senin (22/11/2021).

Anthony menceritakan bus anti-Covid-19 baru dikaji 2020 dengan melibatkan tim peneliti Universitas Diponegoro (Undip), perusahaan karoseri Laksana, dan Sumber Alam.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sempat menjajal bus berkonsep biosmart and safe bus itu. Dia mengapresiasi pengembangan bus yang didesain dengan memperhatikan jarak aman antara kursi penumpang dan penyaringan sirkulasi udara secara linear, serta penggunaan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

"Saya harap bus ini bisa menjad jawaban untuk moda transportasi yang aman di masa pandemi ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Sri Mas Sari

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.