Bus Mercedes eCitaro Fuel Cell Raih Dua Penghargaan di Spanyol

Mercedes Benz eCitaro fuel cell, bus lantai rendah bertenaga listrik dengan sel bahan bakar untuk menambah jangkauan, memenangkan dua penghargaan dari grup editorial Spanyol, Bus of the Year, dan Ecological Bus of the Year.

Fatkhul Maskur

18 Feb 2024 - 23.01
A-
A+
Bus Mercedes eCitaro Fuel Cell Raih Dua Penghargaan di Spanyol

Mercedes Benz eCitaro Fuel Cell. - Foto Daimler

Bisnis, JAKARTA—Mercedes Benz eCitaro fuel cell, bus lantai rendah bertenaga listrik dengan sel bahan bakar untuk menambah jangkauan, memenangkan dua penghargaan dari grup editorial Spanyol, Bus of the Year, dan Ecological Bus of the Year.

Kompetisi melibat juri yang terdiri atas 817 manajer perusahaan angkutan dan ahli teknis. “Mercedes Benz eCitaro fuel cell memenangkan dua penghargaan dengan menyingkirkan 28 model yang disodorkan oleh 24 pabrikan bus,” seperti dilansir Daimer Bus, Ahad (18/2/2024).

Mercedes-Benz eCitaro berbahan bakar hidrogen merupakan turunan dari bus bertenaga listrik baterai eCitaro yang diluncurkan pertama kali pada 2018 silam. Mercedes-Benz eCitaro fuel cell diluncurkan di Barcelona, medio 2023.

Sampai dengan versi fuel cell diproduksi pertama kali, Mercedes-Benz telah mendistribusikan 1.000 unit eCitaro. Mercedes Benz berencana mendistribusikan 48 unit eCitaro fuel cell sampai dengan pertengahan 2025.

Basis eCitaro fuel cell adalah sistem penggerak baterai-listrik dengan baterai berperforma tinggi NMC 3, sedangkan sel bahan bakar dengan output 60 kW berfungsi sebagai generator listrik berbasis hidrogen untuk meningkatkan jangkauan berkendara.

Kombinasi ini memungkinkan pengoperasian yang sangat ekonomis karena listrik dari jaringan tersedia dengan harga lebih rendah dibandingkan hidrogen ramah lingkungan.

Baca Juga : 

Membaca Peluang Mobil Hidrogen Membalik Performa

Pasar Kian Melemah, Mobil Hidrogen Belum Menyerah

Dibandingkan dengan kendaraan yang hanya menggunakan hidrogen dengan baterai penyangga kecil, eCitaro fuel cell juga jauh lebih baik dalam menyimpan energi yang diperoleh kembali melalui pemulihan saat pengereman penuh dan menguntungkan dalam baterai besar.

Kombinasi penggerak baterai-listrik dengan sel bahan bakar memungkinkan jangkauan hingga 400 km tanpa mengisi ulang. Di Spanyol, eCitaro FC dapat digunakan di hampir seluruh jalur perkotaan yang sebelumnya hanya dapat dilayani oleh kendaraan bertenaga diesel.

Berbeda dengan bus hidrogen dengan baterai penyangga kecil, sel bahan bakar tidak digunakan sebagai sumber tenaga utama, melainkan hanya untuk memperluas jangkauan.

Oleh karena listrik dari jaringan listrik relatif lebih murah dibandingkan hidrogen, bus kota yang seluruhnya menggunakan listrik memungkinkan pengoperasian yang sangat ekonomis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.