Cadangan Devisa, Mempertebal Tameng Rupiah

Pelemahan rupiah yang terjadi bulan lalu betul-betul memukul sendi-sendi ekonomi nasional, utamanya pasar keuangan.

Tegar Arief Fadly

8 Nov 2023 - 05.52
A-
A+
Cadangan Devisa, Mempertebal Tameng Rupiah

Bisnis, JAKARTA - Pelemahan rupiah yang terjadi bulan lalu betul-betul memukul sendi-sendi perekonomian nasional, terutama pasar keuangan. Pemangku kebijakan pun berjibaku menjaga stabilitas mata uang Garuda.

Otoritas terkait juga telah menunjukkan gigi dalam melakukan intervensi agar rupiah tak terus kalah melawan dolar Amerika Serikat (AS). Dalam konteks ini, Bank Indonesia (BI) terpantau sangat aktif melakukan stabilitas.

Aksi otoritas moneter cukup gesit terutama melalui intervensi di pasar valuta asing. Hasilnya tak bisa dikatakan gagal, meski tak bisa pula dikatakan sukses.

Buktinya, pada perdagangan kemarin, Selasa (7/11), nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ditutup melemah 0,62% atau 97 poin ke level Rp15.636. Pemerintah dan BI pun perlu memperkuat kuda-kuda untuk menopang mata uang Garuda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

Cadangan Devisa, Mempertebal Tameng Rupiah

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.